Sukses

Anti Macet, Begini Cara Merawat Power Window

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan yang beredar saat ini, kebanyakan sudah dilengkapi dengan power window. Komponen ini cukup penting, karena memiliki fungsi untuk menaikan dan menurunkan kaca samping mobil secara otomatis. Jadi, saat power window mengalami masalah, seperti macet atau gagal berfungsi, pasti akan sangat menjengkelkan.

Nah, salah satu cara agar terhindar dari masalah kerusakan power window, seperti disitat laman resmi Auto2000, adalah dengan rajin melakukan perawatan sederhana. Karena pada dasarnya musuh power window ada dua, yakni debu dan air.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menjaga kondisi power window:

1) Periksa lis dan karet kaca

Bila Anda sering melalui jalan berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering karena debu dapat merusak mekanisme penggerak power window. Sembari mencuci mobil, lakukan pengecekan ringan pada lis kaca dan karet penahan hujan.

Kedua, bagian ini yang memastikan air dan debu tidak bisa masuk ke dalam frame pintu yang berisi mekanisme penggerak power window. Jadi, harus lebih memperhatikan kondisi karet lis kaca, bila sudah mengeras sebaiknya diganti. Pengerasan pada karet biasanya terjadi karena mobil sering diparkirkan di bawah terik matahari langsung.

Untuk menjaga kelenturannya, pemilik mobil bisa menyemprotkan cairan silikon minimal sebulan sekali untuk melindungi karet agar tak cepat getas. Biasakan pula untuk tidak membiarkan debu terlalu lama hinggap di permukaan kaca.

Karena bila didiamkan bisa membuat debu tersebut masuk ke bagian dalam pintu yang membuat motor elektrik menjadi kotor.

2 dari 3 halaman

2) Jaga kondisi motor elektrik

Pengoperasian power window tidak lepas dari kerja motor elektrik sebagai pusat dari mekanisme penggerak. Jadi harus dipastikan bahwa tidak ada beban yang menghalangi kerja motor. Beban yang dimaksud bisa datang dari mana saja, tapi pada umumnya dari gangguan eksternal seperti debu dan air yang menyusup ke dalam frame pintu.

Oleh sebab itu, perhatikan potensi celah tempat masuknya air dan debu ke dalam rangka pintu. Jangan sampai ada celah terbuka yang membuat kotoran masuk ke dalamnya, terutama dari karet pelindung kaca.

Upaya melindungi motor elektrik dari debu dan air juga melindungi mekanisme rel penggerak kaca. Bagian ini juga sensitif bila terkena debu karena adanya roda gigi dan bantalan yang bisa macet kalau terkena debu.

3 dari 3 halaman

3) Operasikan sewajarnya

Anak kecil paling suka bermain dengan tombol power window. Oleh sebab itu, aktifkan pengunci power window sehingga hanya bisa naik-turun dari tombol di sisi sopir. Selain tentunya menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Usahakan untuk menutup rapat kaca dan nyalakan AC ketika melewati daerah berdebu. Jangan buka jendela kecuali terpaksa seperti bayar tol.

Saat hujan, tutup rapat pula kaca samping. Kaca yang dibiarkan terbuka akan mengundang air untuk masuk ke celah kaca atau tombol power window yang bisa berujung pada kerusakan rel atau elektrikal tombol.

Anda bisa menggunakan aksesori side visor kalau sering buka-tutup kaca samping mobil. Side visor cukup sanggup menahan masuknya air hujan atau debu ketika kaca dibuka.

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Loloskan Diri dari Incaran Begal
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Membedakan BPKB Asli atau Palsu