Sukses

Mencegah Terjadinya Microsleep, Musuh Utama Pengendara di Jalan Raya

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya rasa kantuk akan cepat menyerang bagi mereka yang sedang berpuasa. Hal tersebut dipengaruhi pola makan yang berubah sehingga berdampak pada metabolisme dan jam biologis.

Hal itu juga bisa membuat konsentrasi mudah buyar saat siang hari. Terutama akan lebih terasa ketika pukul 2 siang hingga 4 sore.

Saat mengantuk dan terpaksa harus menyetir, bisa saja terjadi microsleep alias tertidur beberapa detik. Meski terbilang sangat singkat, microsleep bisa berakibat fatal.

Lalu bagaimana supaya tak terjadi microsleep?

Dilansir Auto2000, yang harus Anda lakukan adalah tetap paksakan diri membuat jadwal tidur tetap di malam hari. Usahakan juga untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari untuk memperkuat jam biologis.

 

2 dari 3 halaman

Mencegah Microsleep

Hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam. Selain itu, jaga pola makan, karena diet seimbang bisa membantu tidur dengan baik. Jika terbiasa tidur dengan kondisi perut tidak kosong, maka camilan dengan porsi ringan masih diizinkan.

Kemudian, hindari minuman dengan kandungan kafein atau soda minimal empat jam sebelum waktu tidur. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti di siang hari dan menjaga tubuh tidak mudah lemas.

Sempatkan tidur siang, meskipun hanya 15 atau 30 menit saja. Jika rasa kantuk sudah sangat menyerang ketika menyetir, menepilah di tempat aman dan tidur sebentar. Saat bangun, lakukan gerakan olahraga ringan dan cuci muka agar segar.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Pelapis Jok untuk Interior Bernuansa Gelap
Artikel Selanjutnya
Mazda dan Ambisinya Menciptakan Mesin Ramah Lingkungan