Sukses

Yamaha FreeGo Coba Peruntungan di Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakoni debutnya di Indonesia, Yamaha FreeGo mulai menjajaki negara lain di Asia Tenggara. Usai dirilis di Thailand pada awal tahun di Thailand, skutik berlogo garpu tala itu kini mencoba peruntungan di Vietnam.

Mengutip dari Motosaigon.vn, harga Yamaha FreeGo di Vietnam mencapai VND32,99 juta, sekitar Rp20 jutaan untuk tipe standar. Sedangkan varian Special dibanderol VND38,99 juta, setara Rp23,8 jutaan (Kurs VND1 = Rp0,61).

Angka tersebut tak jauh berbeda dengan harga Yamaha FreeGo di Indonesia. Berdasarkan situs resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), skutik tersebut dibanderol Rp18,805 - Rp22,84 juta.

Sama seperti versi Indonesia, Yamaha FreeGo di Vietnam juga memiliki fitur yang melimpah, seperti LED headlight, instrumen panel digital, 12V power-socket, ban tubeless, smart-lock, dan bagasi berkapasitas 25 liter.

Tak lupa terdapat lubang pengisian bahan bakar di dek depan. Selain itu, Yamaha FreeGo juga dibekali sistem pengereman ABS dan sistem smart-key atau keyless pada varian tertingginya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Di bagian dapur pacu, Yamaha FreeGo Vietnam mengandalkan mesin yang sama dengan versi Indonesia, 1-silinder SOHC 125 cc air-cooled. Konfigurasi tersebut menyemburkan tenaga sebesar 9,4 hp dengan torsi maksimum 9,5 Nm.

Satu-satunya perbedaan Yamaha FreeGo Vietnam dengan versi Indonesia ada pada pilihan warnanya.

Di sana, skutik ini ditawarkan dengan warna Black Sand, Light Blue, dan Gray untuk tipe Special. Sedangkan varian standar berkelir Red, Blue, dan White.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Yamaha FreeGo Enak Sih, tapi..

Yamaha FreeGo menjadi anggota keluarga terbaru skutik Yamaha. Skutik bertubuh gempal ini mengusung mesin 125cc.

Dan belum lama ini, Liputan6.com berkesempatan untuk mengenal lebih jauh Yamaha FreeGo. Dipinjamkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) unit yang kami gunakan adalah tipe tertinggi atau dikenal FreeGo S.

Secara desain, Yamaha sepertinya mencoba untuk menularkan FreeGo dengan skutik maxi mereka yang diterima masyarakat secara positif. Hal itu terlihat dari perawakannya yang gempal, seperti NMax maupun Lexi. Dari depan sampai belakang serba berisi.

Dengan tubuh yang cukup besar ini, maka tak heran jika di bawah jok terdapat ruang penyimpanan yang luas. Kapasitasnya mencapai 25 liter, bahkan lebih besar daripada Nmax.

Dengan ukuran sebesar ini, Anda bisa menyimpan helm fullface, jas hujan dan sarung tangan. Tapi sayang, untuk menyimpan helm harus dalam posisi terbalik.

Yamaha FreeGo dapat memuat helm full face (Amal/Liputan6.com)Untuk bisa mendapatkan ruang sebesar ini, tangki bensin ditempatkan di bagian dek atau tepat di bawah pijakan kaki pengemudi. Banyak yang mengkhawatirkan posisi tangki seperti ini karena bagian bawah motor rentan berbenturan terutama dengan polisi tidur ataupun saat terjerembab dalam lubang.

Namun Yamaha mengklaim tangki dengan volume 4,2 liter itu dalam posisi yang aman karena telah diberi cover pelindung dari pelat baja yang cukup tebal. Posisi lubang pengisian bensin juga memudahkan karena posisinya di bawah stang sebelah kiri. Dengan begitu tidak perlu repot buka jok.

Ruang kaki FreeGo juga terbilang lapang. Kaki bisa bergerak leluasa. Lantaran ukurannya yang lebar ini bisa memudahkan dalam mengangkut galon ataupun tabung gas 3 kg.

Selengkapnya baca di sini

Loading
Artikel Selanjutnya
Mencuri Ikan di Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap KRI Usman Harun
Artikel Selanjutnya
Jalan Panjang Status Bebas Penuh Siti Aisyah dari Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam