Sukses

Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Spooring dan Balancing Ban Mobil Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Ban merupakan komponen di kendaraan yang memiliki peran penting. Pasalnya, si karet bundar ini merupakan satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan. Mengingat perannya yang tidak bisa dipandang remeh ini, melakukan perawatan secara berkala atau rutin merupakan sebuah kewajiban.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban di mobil kesayangan adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

Dijelaskan Gunawan Manager Operasional Carfix Indonesia, spooring bertujuan agar posisi roda tetap lurus yang memengaruhi posisi setir juga.

"Spooring juga agar ban habisnya rata, tidak makan samping. Karena jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban berkurang tujuh persen, dan seterusnya," jelas Gunawan di Bengkel Carfix, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Lanjutnya, dengan menyetel ban (wheel alignment), untuk menyelaraskan antara roda bagian kanan dan kiri juga sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kondisi jalan di Indonesia yang tidak begitu bagus, dan banyak terdapat lubang, maka mencegah ban rusak.

"Ban mobil disetel tujuannya agar kena lubang tidak rusak, dan hanya setelan yang berubah dan bisa disetel lagi. Untuk waktunya, saat spooring dan balancing saat melakukan pergantian kaki-kaki atau saat mengganti ban. Jika dilihat dari intervalnya, biasanya 10 ribu km," pungkas Gunawan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Populasi kendaraan yang masih cukup banyak, sejatinya juga membuka peluang bagi bengkel umum untuk memberikan pelayanan servis dan aftersales. Hal tersebut, juga disadari betul oleh salah satu bengkel umum, Carfix, dengan membuka outlet baru.

Bengkel yang melayani segala merek kendaraan ini, kembali membuka outlet Pondok Indah di jalan Ciputat Raya Nomor 8, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Carfix sendiri, melayani pergantian oli, ban, aki, tune-up, servis rem, cleaning (headlamp, front glass, mesin), general check, shock breaker, dan sparepart lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolong Mobil Saat Musim Hujan Bisa Karatan, Begini Cara Mencegahnya
Artikel Selanjutnya
Tips Berkendara Aman Saat Hujan untuk Pengendara Motor