Sukses

Bergaya MotoGP, Ducati Panigale V4R Gebrak Pasar Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dirilis di EICMA 2018, Ducati Panigale V4R tiba di daratan Asia Tenggara. Ya, superbike rasa motor balap MotoGP itu dirilis Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019.

Mengutip dari Greatbiker.com, harga Ducati Panigale V4R di Thailand mencapai THB2,99 juta yang setara dengan Rp1,3 miliaran. Tingginya harga superbike ini tak terlepas dari performa dan statusnya sebagai motor impor (Kurs THB1 = Rp448). 

Sama seperti versi Eropa, superbike ini memiliki desain fairing yang diadopsi dari motor di ajang balap MotoGP dan World Superbike (WSBK). Ya, moge sport tersebut memiliki aero-fairing, lengkap dengan winglet dan beberapa komponen karbon.

Seperti sempat dikabarkan sebelumnya, disematkannya komponen tersebut merupakan efek dari regulasi WSBK yang memperbolehkan pabrikan untuk menggunakan winglet atau pun aero-fairing asalkan menjual produk massal dengan komponen serupa.

Sebenarnya, pabrikan asal Bologna, Italia ini juga menawarkan berbagai komponen tambahan yang diberi nama Ducati Corse Aero Pack. Pada paket tersebut terdapat sepasang winglet samping, winglet depan, windscreen, dan sistem ventilasi baru pada radiatornya.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berbagai komponen tersebut diciptakan untuk mennyepurnakan aerodinamika dengan meningkatkan gaya tekan ke bawah dan mengurangi koefisien drag pada Ducati Panigale V4R. Selain itu, penggunaan ventilasi radiator baru menjaga suhu mesin supaya tetap pada performa terbaiknya.

Sektor kaki-kaki Ducati Panigale V4R juga bisa dibilang istimewa. Superbike ini dibekali suspensi depan upside-down NPX 25-30 dan belakang menggunakan monoshock TTX36 single-sided swing-arm keluaran pabrikan ternama asal Swiss, Ohlins.

Untuk urusan performa, Ducati Panigale V4R mengandalkan mesin Desmosedici Stradale V4 90 998 cc bertenaga 221 hp. Dapur pacu ini telah menggunakan beberapa komponen titanium dan dipadukan dengan knalpot khusus keluaran Akrapovic.

Sumber: Otosia.com