Sukses

Sama-Sama Bisa Disewa, Pilih Honda PCX Listrik atau Viar Q1?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum Honda PCX listrik resmi diperkenalkan, Viar Motor Indonesia sudah terlebih dahulu menyewakan skutik listrik Viar Q1. Keduanya sama-sama menyasar segmen fleet dalam skema penyewaan. Tapi Viar sedikit berbeda memilih target konsumen. Ia menjangkau penggunanya lebih luas.

Jika Honda baru memulai dan mempersiapkan layanan aftersales, Viar sudah lebih dulu menyentuh instansi pemerintah seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), swasta, kampus, hingga ojek online. Beberapa stasiun pengisian daya listrik umum (SPLU) pun dibangun atas kerja sama dengan PLN di sejumlah lokasi.

Viar mengaku tidak gentar dengan nama besar Honda. Bahkan Viar mengaku tetap optimistis penyewa Q1 akan terus bertambah karena punya keunggulan ongkos sewa lebih murah dan sudah tersedia STNK.

"Biaya sewa kita sangat terjangkau, juga perawatan motor dan baterai kita mudah. Bodi motor kita lebih kecil dan simpel, sehingga memudahkan pemakaian di kemacetan, dengan mudah selap-selip," kata Frengky Osmond, Marketing Communicaton Viar Motor Indonesia.

Selain memasarkan skutik listrik Q1, Viar juga menyodorkan layanan sewa Q-Rent dengan tarif mulai Rp 50 ribu. Sementara PCX Electric disewakan Rp 2 juta per bulan, dengan periode penyewaan hingga 2-3 tahun untuk fleet. Namun untuk biaya perawatannya Honda menawarkan skema include dan exclude maintenance, bergantung pada konsumen yang menyewa.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Mekanisme penyewaan Viar Q1 hanya cukup memberikan data berupa foto KTP, SIM, foto diri beserta dengan identitas, dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh tim marketing. Selanjutnya tim akan melakukan verifikasi dan unit akan dikirim ke penyewa untuk digunakan.

Frengky pun menyebut sejumlah keunggulan Q1 sebagai motor listrik sewa. Di antaranya Viar Q1 menggunakan e-Scooter driving system dari Bosch yang terdiri atas Electronic Control Unit (ECU) dan e-Motor. ECU ini merupakan peranti lunak yang berfungsi mengontrol performa komponen penggerak motor listrik, termasuk eMotor dan baterai.

Viar Q1 yang telah dilengkapi dengan 2 battery mampu menempuh hingga 110 km. Baterai Viar Q1 bisa dilepas sehingga bisa dicolokkan di mana saja. Viar Q1 menggunakan daya baterai tipe Lithium-Ion kapasitas 60 Volt- 20 Ah untuk menggerakkan motor berdaya 800 watt. Pengisian daya baterai dari nol sampai penuh memakan waktu kurang lebih 4-5 jam. Viar Q1 mampu mampu berlari maksimum hingga 60 km/jam.

Honda Sedangkan PCX electric dibekali dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. Dengan baterai ini PCX listrik mampu melaju hingga hingga 69 km dalam sekali pengisian penuh sekitar 4 jam.

Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging dan on-board charging. Dengan kata lain mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi (swap system) atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Viar Q1 dibekali "switch parking". Tujuannya demi keamanan karena motor yang tanpa bunyi ini dikhawatirkan membuat anak-anak kecil dan orang dewasa tidak tahu bahwa sebenarnya kendaraan sudah siap untuk digas usai start. Lainnya halnya PCX Electric yang dibekali sistem Honda Smart Key memungkinkan pengendara membuka kunci utama dengan hanya mendekati sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan kunci pintar dari pakaian.

Untuk indikator Viar Q1, informasi tersaji secara digital. Kontrol dan informasi mengenai kendaraan, seperti kapasitas baterai disajikan secara penuh melalui odometer, termasuk mengenai speed saat melaju. Untuk soal ini, PCX Electric punya panel instrumen yang menampilkan informasi sistem EV dengan jelas. Indikatornya meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik.

Lalu bagaimana dengan layanan purna sewa? Viar menyediakan layanan Viar Emergency Roadside Assistance (VERA) yang selalu siaga termasuk bila nantinya penyewa mengalami masalah dengan unitnya sehingga nantinya aktifitas penyewa tersebut tidak terganggu.

Saat ini layanan penyewaan motor listrik Viar Q1 yang sudah berlaku di Jakarta. dan segera menyebar ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan Bali.

Sementara AHM mengaku sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/penggantian baterai.

Untuk keadaan darurat, Honda menyediakan contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit. Namun sewa dan fasilitas layanan tersebut baru terdapat di Jakarta.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sekolah Ambruk di Bogor Tak Kunjung Diperbaiki

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bergaya Lamborghini, Mobil Ini Harganya Rp 100 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Suzuki Ertiga Matik Hanya 4-Percepatan, Ini Alasannya