Sukses

Sopir Travel: Mengendarai Toyota Hiace Tetap Nyaman Meski Penumpang Penuh

Liputan6.com, Jakarta Kenyamanan mobil merupakan faktor penting bagi seorang sopir. Tanpa mobil yang nyaman, sopir akan kesulitan mengendalikan mobil dan lebih cepat lelah, terutama saat melakukan perjalanan jauh.

Salah satu mobil yang menjadi andalan para sopir travel dalam melakukan perjalanan jauh adalah Toyota Hiace. Menurut seorang sopir travel bernama Ciptono, Toyota Hiace begitu nyaman dikendarai meskipun sedang membawa banyak penumpang. Bahkan, menurut dia mengendarai mobil ini terasa lebih nyaman ketika penuh penumpang.

Toyota Hiace sendiri mampu menampung hingga 16 orang penumpang. Tipe Hiace Standard dan Commuter memiliki kapasitas 16 penumpang, sementara New Hiace Luxury memiliki kapasitas 11 penumpang dengan kursi yang lebih eksklusif.

"Lebih enak kalau ada penumpang, tapi ban juga berpengaruh. Di sini, artinya kita harus selalu kontrol sebelum berangkat," ujar Ciptono.

Lebih lanjut, ia mengaku merasa nyaman mengendarai Toyota Hiace karena suspensi dan fasilitas interior mobilnya.

"Suspensi depan belakang bagus, sangat nyaman. Interior juga bagus. Kalau untuk masalah nyaman buat penumpang, menurut saya skill sopir juga sangat berpengaruh dari cara mengendalikan atau mengemudikan kendaraan," ucap Ciptono.

Toyota Hiace dilengapi suspensi double wishbone dengan stabilizer di depan. Ditambah denga leaf spring rigid axle di belakang.

Sementara itu, untuk interiornya baris depan dibuat lebih lapang untuk menyiasati penyematan tuas transmisi yang menempel di dashboard. Jendela New Hiace Luxury depan juga dilengkapi dengan tombol power, sebuah fitur yang tak biasa ditemukan di mobil van komersial.

Pengemudi dan penumpang juga tak akan merasa bosan selama perjalanan, karena sektor hiburan New Hiace Luxury dilengkapi layar sentuh berukuran 6 inch yang dilengkapi fitur Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, iPod Ready, DVD/CD.

Selain masalah kenyamanan, Ciptono mengatakan bahwa keunggulan Toyota Hiace terletak di bodi yang luas, AC yang tidak bising, serta rem roda depan dan belakang yang tidak keras.

Kabin Toyota Hiace memang terbilang luas, lantaran dimesinya yang cukup besar, yaitu panjang 5.380 mm dan lebar 1.880 mm. Jarak kepala dengan atap juga cukup lebar, karena tinggi keseluruhaannya yang mencapai 3.110 mm.

Sementara itu, pendingin ruangan terletak di langit-langit setiap jok. Pengaturannya pun bisa diatur sesuai kebutuhan masing-masing penumpang.  

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Kenyamanan Toyota Hiace untuk Perjalanan Jauh Bikin Penumpang Jatuh Cinta