Sukses

Vespa Pernah Produksi Mobil, Ini Buktinya

Vespa merupakan salah satu pabrikan skutik legendaris yang identik dengan desainnya yang membulat.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa merupakan salah satu pabrikan skutik legendaris yang identik dengan desainnya yang membulat. Tapi siapa sangka jika Vespa pernah memproduksi mobil.

Mengutip dari Italianways.com, mobil bernama Piaggio Vespa 400 ini adalah mobil perkotaan 4-kursi 2-pintu. Peredaran mobil imut ini terbilang tak terlalu lama, hanya 7 tahun, mulai 1957 dan disuntik mati tahun 1961 hingga akhirnya tak lagi dijual sejak 1964.

Tak sendiri, Piaggio berkolaborasi bersama ACMA ( (Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles), perusahaan otomotif asal Perancis. Waktu itu, Piaggio Vespa 400 melakoni debutnya dalam ajang Paris Motor Show 1957 untuk menyaingi mobil kecil lainnya, Fiat 500.

Karena terlahir dari pabrikan Italia dan diproduksi di Fourchambault, Perancis, Piaggio Vespa 400 memiliki desain yang artistik. Tengok saja pintunya yang dibuka ke belakang dan memiliki atap yang bisa dilipat.

Sementara itu, bagian interiornya terlihat sederhana, hanya terdapat speedometer dan semacam laci di depan bangku penumpang. menariknya, dashboard Piaggio Vespa 400 dilabur warna yang sama dengan eksteriornya.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seperti namanya, Piaggio Vespa 400 mengusung mesin 2-tak 2-silinder 400 cc bertransmisi manual 3-percepatan.

Dengan dapur pacu bertenaga 14 hp tersebut, kecepatan maksimal mobil ini hanya 83 km/jam dan konsumsi bahan bakarnya mencapai 20 km/liter.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.