Sukses

Jeep Gladiator, Pikap Kabin Ganda dengan Segudang Kemampuan

Liputan6.com, Los Angeles - Jeep Gladiator resmi meluncur di ajang Los Angeles Auto Show. Jeep Gladiator hadir dalam tiga varian: Sport, Overland, dan Rubicon. Kelahirannya ditakdirkan sebagai mid-size truk dengan kemampuan jempolan.

"Tanpa keraguan sebuah truk dan bisa langsung dikenali sebagai Jeep, all new Gladiator adalah kendaraan utama untuk setiap petualangan alam bebas," ujar Tim Kuniskis, Head of Jeep Brand North America dalam rilis resmi.

"Ada permintaan yang luar biasa untuk kendaraan unik ini dari pelanggan Jeep setia kami dan pembeli pikap truk di mana-mana. Terlahir dari warisan kaya dan membanggakan dari truk Jeep yang tangguh dan andal, Gladiator menggabungkan utilitas kasar, fleksibilitas, dan fungsionalitas yang menghasilkan truk mid-size paling serba bisa," tambah Tim.

Bagian luar, semua varian mendapat lampu siang hari LED. Khusus Overland dan Rubicon LED juga digunakan pada lampu depan dan lampu kabut. Sektor buritan ada lampu belakang berbentuk kotak tradisional, juga sudah memakai LED. Bak diamankan oleh tailgate dengan penguncian otomatis. Seperti Wrangler, Gladiator juga menawarkan pelepasan atap, pelipatan windshield atau kaca depan dan pintu yang juga bisa dilepas. Bak kargo punya sumber tenaga eksternal (400W 115 volt) dan lampu di bawah rel. Sedang roda cadangan ada di bawah lantai bak.

Sektor kabin Jeep Gladiator menekankan pada kenyamanan dan fungsionalitas. Material diklaim memakai bahan terbaik di penjuru kabin dan dirakit dengan presisi. Dasbor dijadikan sebersih mungkin dan mudah diakses. Ada layar infotainment, pengatur AC, knop volume, port pengisi daya dan konektivitas serta tombol Engine Stop Start (ESS). Sedang konsol tengah dengan aksen pelat besi jadi rumah bagi tuas transmisi, transfer case, dan rem parkir. Soal kepraktisan, ada banyak ruang penyimpanan di penjuru kabin Gladiator.

Cluster instrumen menampilkan layar LED TFT 3,5 inci atau 7 inci. Dari situ bisa mengakses lebih dari 100 informasi termasuk media dan tekanan angin pada ban. Sedang layar infotainment, 7,0 atau 8,4 inci dengan sistem operasi Uconnect generasi ke-4. Untuk varian Sport, ukuran layar sentuh 5 inci. Semuanya sudah didukung dengan sistem navigasi dan Apple CarPlay maupun Android Auto.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kemampuan offroad Jeep Gladiator tak perlu dipertanyakan. Gladiator Sport dan Overland dilengkapi sistem 4x4 Command-Trac dengan crawl ratio 2,72:1. Khusus untuk Rubicon, sistem 4x4 Rock-Trac dengan 4LO ratio 4:1 dan pengunci differensial Tru-Lock. Gladiator bisa melibas genangan air 30 inci. Empat skid plate dan palang dipasang untuk mengamankan daerah penting di kolong. Gladiator juga diklaim mampu menderek hingga 3,5 ton beban dan mengangkut 725 kg muatan di baknya.

Performa Jeep Gladiator disokong oleh mesin V6 3,6 liter Pentastar. Dapur pacu itu menghasilkan 285 Tk dan torsi puncak 352 Nm. Pilihan transmisi manual 6-speed atau 8-speed otomatis. Fitur Engine Stop Start hadir sebagai standar. Mesin lain, V6 3,0 liter EcoDiesel dengan 260 Tk dan torsi monster 600 Nm dengan padanan transmisi otomatis. Mesin itu meluncur belakangan pada 2020.

Jeep Gladiator punya bodi dan rangka lebih panjang dari Wrangler. Platform didesain ringan tanpa mengorbankan kekakuan dan daya tahannya. Sejumlah bagian dari bodi juga memakai aluminium untuk memangkas bobot. Ujungnya, efisiensi bisa dikejar. Suspensi 5-link di depan dan belakang dan peredam sudah disetel untuk keseimbangan optimal. Pengendalian dan pengendaraan on road tetap nyaman, namun bisa diandalkan kala melintas offroad.

Ada lebih dari 80 fitur keselamatan dan keamanan pada Gladiator, termasuk aktif dan pasif. Fitur seperti Blind-spot Monitoring, Rear Cross Path detection, kamera depan off-road, kamera parkir mundur dengan garis bantuan dinamis, cruise control adaptif dan electronic stability control.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Fantastis, Biaya Servis Rutin Bugatti Veyron Mencapai Rp1,4 Miliar
Artikel Selanjutnya
3 Keunggulan Yamaha NMax 2020 Dibanding Honda PCX