Sukses

Toyota Prius Terbaru Adopsi Sistem AWD Listrik, Seberapa Canggih?

Toyota bakal menghadirkan Prius baru dengan sistem penggerak semua roda (AWD) listrik. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota siap menghadirkan model baru hybridnya, Prius. Mobil ramah lingkungan ini bakal datang dengan berbagai pembaharuan, baik desain eksterior, interior, maupun fitur.

Melansir Paultan, Kamis (29/11/2018), desain eksterior Toyota Prius 2019 ini bakal berubah, mulai dari lampu depan berbentuk panah yang bakal diganti yang lebih ramping. Bagian buritan, lampu lebih memanjang jauh ke bawah bakal diganti yang lebih luas, dan bentuk pelat nomor trapesium.

Bagian interior, ubahannya lebih kecil, yang terdiri dari layaar sentuh pusat vertikal Tesla berukuran 11,2 inci, sebagai pilihan untuk plug-in hybrid. Ubahan tata letak konsol tengah, dan kontrol dasbor.

Terdapat juga pilihan kain pelapis baru, arah navigasi dan tampilan head-up, dan pengisian nirkabel yang lebih besar untuk menyesuaikan dengan smartphone yang semakin besar yang digunakan saat ini.

Perubahan terbesar lainnya, sistem penggerak semua roda (AWD) listrik. Sistem ini, dilengkapi dengan motor output tinggi yang terpisah untuk menggerakan roda belakang, dan alat ini bergerak secara otomatis, hingga 10 km/jam.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada varian AWD, baterai yang digunakan ada hibrida logam nikel, sedangkan untuk Prius FWD menggunakan baterai lithium-ion standar.

Untuk jantung penggeraknya tetap sama, menggunakan mesin Atkinson berkapasitas 1,8 liter VVT-i yang mampu menghembuskan daya hingga 97 Tk pada 142 Nm.

Sedangkan motor listriknya, mampu menghembuskan daya hingga 71 Tk pada 163 Nm. Jadi, untuk tenaga kombinasi mampu menghembuskan daya hingga 121 Tk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.