Sukses

Begini Cara Komunitas Mobil Mengutamakan Ambulans di Jalan Raya

Liputan6.com, Jakarta Komunitas otomotif Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC) memiliki kampanye berkendara yang unik, pesan utamanya adalah  ‘Let the Ambulance Pass Through’ alias prioritaskan ambulans di Jalan Raya!

Acara ini juga mengundang para PIC chapter dan ketua cabang AXIC. Hingga kini, klub duet Avanza-Xenia ini memiliki 12 chapter di Jabodetabek dan 54 cabang di seluruh Indonesia. Bahkan jumlah anggotanya mencapai 6.000.

Ambil contoh saat kepadatan ruas jalan pada jam sibuk (rush hour). Kebanyakan pengendara cenderung memaksa dan berebut jalan. Emosi seorang pengendara turut meningkat dan menghalalkan segala cara, agar lepas dari kepadatan jalan. Tak sedikit yang abai saat ambulans melintas. Inilah yang melatar belakangi kampanye itu

Menurut Taufik Hidayatulloh, Ketua Umum AXIC, kampanye mendahulukan ambulans di jalan sangat penting. “UU Lalu-lintas dan Jalan raya No. 22 Tahun 2009 pasal 134 menyebutkan, ambulans termasuk jenis kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya. Kemudian mobil kepolisian dan pemadam kebakaran juga. Berdasarkan riset kami, banyak kejadian ambulans tidak mendapat prioritas oleh pengguna jalan. Kami ingin para pengguna jalan khususnya seluruh anggota AXIC menghormati ambulans saat melintas di jalan raya,” tuturnya, dalam keterangan rilis pada OTO.com.

Demi meningkatkan intensitas kampanye, lanjut dia, AXIC siap melakukan seluruh kampanye smart driving-nya ke seluruh Indonesia pada 2019. Sebut saja beberapa pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Perlu diketahui pula, AXIC mempunyai lima pilar smart driving yaitu: Anti-Bahu Jalan, Seat Belt for All, No Texting While Driving, No Hazard Just for Emergency Only, dan Think Before Cross the Flood. Dalam kegiatan kali ini, selain para PIC dan ketua cabang AXIC, turut hadir perwakilan dari mitra AXIC, antara lain PT Toyota Astra Motor (TAM), Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Mandiri Utama Finance (MUF).

Rendhy Ervianto, Community and Social Media Management TAM berpendapat, kampanye keenam AXIC dan kegiatan ini sangat bagus. “Kami akan selalu mendukung kegiatan apa pun terutama kegiatan komunitas yang positif. Karena komunitas bukan hanya konsumen mobil kami. Seperti yang sedang dikampanyekan AXIC mengenai prioritas ambulans, kami sangat dukung,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Priyo Pratomo, CSVC Division ADM. Pihaknya selalu mendukung kegiatan komunitas terutama AXIC ini. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan AXIC selama ini. Kami juga dukung ke depannya agar bersama-sama lebih mengutamakan aspek safety”, pungkasnya.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Perlukah Motor di Indonesia Wajib ABS?
Artikel Selanjutnya
New Brio Dominasi Penjualan Honda