Sukses

Setelah Toyota, BMW Akan Bermesraan dengan Jaguar?

Meski belum ada pengumuman resmi, laporan mengatakan Jaguar dan BMW akan menjadi rekan di masa mendatang. Mobil yang mungkin dioprek sebagai bagian kerja sama, F-Type 2020.

Liputan6.com, Coventry - Sudah menjadi rahasia umum bahwa BMW dan Toyota berkolaborasi untuk mengembangkan mobil sport mereka, yaitu Toyota Supra dan BMW Z4. Belakangan ini beredar rumor Jaguar bakal berkolaborasi dengan BMW, produknya adalah F-Type bermesin BMW.

Meski belum ada pengumuman resmi, laporan mengatakan Jaguar dan BMW akan menjadi rekan di masa mendatang. Mobil yang mungkin dioprek sebagai bagian kerja sama, F-Type 2020 dengan mesin S63 BMW V8 4,4 liter twin-turbo. Jika benar diwujudkan, hasilnya pasti luar biasa. 

Diwartakan situs BMWBlog, kombinasi sportscar coupe Jaguar F-Type dengan mesin V8 milik BMW, pastilah jadi sesuatu yang menarik. Tapi secara logika tampak tidak masuk akal. Pasalnya, mesin V8 supercharger Jaguar termasuk mesin yang bagus. Belum lagi, secara merek, Jaguar saat ini jauh lebih berhasil dibanding sebelumnya. Lantas mengapa Jaguar perlu membeli mesin BMW?

Menurut BMWBlog, alasannya pada emisi. Mesin V8 5,0 liter supercharger Jaguar dinilai sudah tua. Meski tak dipungkiri, punya performa dan suara yang bikin ketagihan. Sayangnya, sebagai mesin tua, emisinya tak sebaik mesin modern seperti milik BMW. Mesin S63 V8 4,4 liter twin-turbo itu, bisa mengatasi masalah emisi untuk Jaguar, sekaligus meningkatkan angka performa signifikan bagi F-Type. Mesin itu bisa dengan mudah menyemburkan daya 560 Tk atau 625 Tk saat dioprek oleh divisi M Power.

Meninjau dari segi sensasi, mesin V8 supercharger Jaguar memberi pengalaman yang berbeda. Suara yang dihasilkan, apalagi saat rev tinggi, tentu berbeda dengan mesin V8 4,4 liter BMW.

Sementara kelebihan lain yang bisa dipetik, bakal menarik sejumlah konsumen baru. Jaguar modern memang mulai menjadi merek yang bisa diandalkan ketimbang sebelumnya. Tapi stigma rendahnya keandalan Jaguar di masa lalu, masih melekat di benak sejumlah orang. Dengan begitu, ketika mengetahui F-Type baru memakai mesin BMW, konsumen yang punya pandangan positif terhadap BMW semakin yakin membeli Jaguar. Karena dari segi penampilan, Jaguar F-Type punya aura sportscar yang lebih menawan ketimbang kebanyakan BMW.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain memakai mesin BMW, rumornya F-Type juga bakal memakai layout kabin 2+2. Sebelumnya, hanya dua orang yang muat di kabin F-Type. Dengan layout baru itu, meski biasanya sempit pada baris kedua (+2), paling tidak ada ruang lebih untuk menyimpan barang. Penumpang utama juga bisa memundurkan jok lebih jauh kala perlu ruang kaki lebih banyak. Penggunaan layout kabin itu, bisa untuk menyaingi sportscar lain seperti Porsche.

Bayangkan, sportscar coupe berlogo Jaguar, dengan kabin 2+2 dan mesin V8 4,4 liter berlabel BMW. Racikannya cukup untuk menggoda banyak penyuka sportscar.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.