Sukses

Persaingan Sengit, Suzuki Tertarik Bawa Pesaing Yamaha NMax dan Honda PCX

Liputan6.com, Jakarta - Pasar skuter matik (skutik) premium di Tanah Air bakal semakin sengit dalam beberapa waktu ke depan. Saat ini, memang hanya dua pabrikan besar yang bermain, yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan NMax dan juga PT Astra Honda Motor (AHM) dengan PCX.

Namun, ada satu pabrikan yang memang digadang-gadang bakal menghadirkan pesaing untuk Yamaha NMax dan Honda PCX, yaitu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Kehadiran skutik premium dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini, memang bukan isu baru, tapi hingga saat ini peluncuran model tersebut masih tertutup sangat rapat.

"Pasar itu (skutik premium) saat ini menarik, karena memiliki pertumbuhan terbesar. Kemungkinan ada keinginan (menghadirkan skutik premium)," jelas Marketing 2W Section Head PT SIS, Banggas Pardede, saat ditemui Liputan6.com, di Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Lanjut Banggas, Suzuki memang menyasar segmen apapun untuk menghadirkan model baru. Saat ini, hanya tinggal masalah waktu yang tepat untuk mengaspalkan motor baru di Indonesia, dan semakin memperlebar bisnis Suzuki di dalam negeri.

"Semuanya menarik bagi Suzuki, karena kami ingin melayani semua segmen, dan segmen apapun menarik bagi Suzuki," tambahnya.

Ketika disinggung model baru apa yang bakal digelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Suzuki masih enggan membocorkannya lebih lanjut.

"Semboyan kami, di saat ada keramaian di sana saat yang tepat untuk memperkenalkan sesuatu," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Untuk diketahui, untuk segmen skutik premium, Suzuki memiliki Street 125 secara global sudah diperkenalkan di India, Februari lalu.

Suzuki Burgman ditawarkan dalam berbagai varian mesin, mulai 125cc hingga 600cc. Tapi, khusus Suzuki Burgman Street hanya akan dibekali mesin 125 cc tanpa kehilangan aura maxi-skuternya.

Tampilannya kental dengan skutik Eropa yang agresif, gambot dan spoty. Kesan skuter touring juga muncul dengan penggunaan windshield di atas lampu utama LED.

Selain itu, jok dan ruang dek kaki Suzuki Burgman Street cukup luas guna menambah kenyamanan berkendara. Bagian buritan dibekali LED tail-lamp dan bodi yang cenderung meruncing.

Fitur yang disematkan pun terbilang up-to-date. Suzuki Burgman Street dibekali instrumen panel full-digital, bagasi luas, power-port, dan knalpot sporty seperti milik Suzuki Gixxer 150.

Di sektor dapur pacu, Suzuki menyematkan mesin 1 silinder SOHC yang berkapasitas 124,3 cc. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 8,5 Tk dengan torsi 10,2 Nm.

Diprediksi, harga jual Suzuki Burgman Street akan berada di kisaran 67 hingga 70 ribu Rupee atau setara Rp14 jutaan namun tak lebih dari Rp15 juta.

 

Artikel Selanjutnya
Suzuki GSX150 Bandit Pertahankan Kick Starter, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Kebanyakan Impor, Pemerintah Minta Suzuki Perbesar Ekspor