Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Mau Beli Mobil Listrik, Berapa Daya Listrik Rumah Minimal buat Cas Baterai?

Liputan6.com, Jakarta - EQ Power Charging yang merupakan salah satu fasilitas pengisian daya untuk mobil listrik dari Mercedes-Benz dipasang pertama kali di salah satu area parkir di Plaza Indonesia, Jakarta.

Fasilitas pengisian daya berbentuk wallbox ini diklaim mampu mengisi daya baterai hingga penuh dan cepat, yaitu hanya sekitar 30 menit.

Namun pertanyaan timbul, apakah wallbox listrik ini bisa diterapkan di rumah?

Menurut Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Bend Distribution Indonesia Hari Arifianto, untuk melakukan pengecasan di rumah tak perlu menggunakan wallbox.

“Kalau pasang wallbox kaya gini (di parkiran Plaza Indonesia) tidak bisa pakai di rumah dan pasti sama pihak ketiga yang pasangin. Kemudian diatur ulang kelistrikannya dan dayanya di ambil langsung dari line utama, engga mungkin ambil dari sistem kelistrikan rumah,” jelas Hari saat ditemui wartawan di kawasan Plaza Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Hari juga menyatakan, harga wallbox jika dipasang di rumah dipastikan sangat cukup mahal. Sebab, Mercedes-Benz sendiri harus mengeluarkan biaya Rp 18 juta untuk satu wallbox. Dan itu belum pemasangan, sewa lahan, dan lain halnya.

“Kalau lewat pihak ketiga mungkin bisa lebih mahal juga karena ada ongkos pasang. Sama seperti beli AC. Jadi sayang kalau harus keluarkan Rp 18 juta hanya untuk cas saja,” katanya.

 

2 dari 3 halaman

Casan untuk rumah

Menurut Hari, untuk pemasangan casan di rumah, konsumen hanya perlu menggunakan home charging device. Selain itu, fasilitas ini biasanya diberikan secara gratis.

“Nah kalau ini (untuk di rumah) yang reguler saja, minimum kebutuhan dayanya di rumah harus di atas 2.200 Watt,” ujar.

Lebih lanjut Hari mencontohkan, untuk sebuah mobil listrik buatan Mercy seperti E 350 e plug-in hybrid, paling tidak memerlukan daya hingga 1.300 Watt.

Selain itu, bagian sistem kelistrikan di rumah harus terlebih dahulu diatur ulang, dan tak menggunakan colokan pada umumnya.

“Karena colokan rumah pasti kebakar, meleleh karena panas. Setiap pembelian model plug in hybrid sudah dilengkapi home charging minimum listrik yang harus disiapkan adalah sekitar 1.300 Watt kalau mau aman 2.200 Watt. Voltnya 180-240 Volt bisalah,” tutupnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lihat Keunggulan Mercedes-Benz S 600 Guard, Calon Mobil Dinas Presiden Jokowi
Artikel Selanjutnya
Alasan Mercedes-Benz Indonesia Gratiskan Sewa Mobil Mewah untuk Acara Pelantikan Presiden