Sukses

Yamaha FZ1 Tunggangan Jokowi Sudah Setop Produksi, Harga Bekasnya Masih Tinggi

Meskipun sudah tidak diproduksi massal, namun jika dicari di dunia maya, masih ada beberapa yang menjual yamaha FZ1.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pembukaan Asian Games beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo tampil apik mengendarai motor gede (moge) Yamaha FZ1. Setelah itu, moge yang juga digunakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini ramai dibicarakan penikmat roda dua di Tanah Air.

Nah, bagi penggemar moge di Tanah Air yang hendak berburu dan membawa pulang moge yang juga merupakan versi telanjang dari Yamaha R1 ini harus siap kecewa. Pasalnya, motor ini memang sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan berlambang garpu tala tersebut.

"Itu (Yamaha FZ1) pesanan khusus dari Paspampres. Dan betul, sudah discontinue," jelas Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melalui pesan elektroniknya kepada Liputan6.com, Selasa (21/8/2018).

Meskipun sudah tidak diproduksi massal, namun jika dicari di dunia maya, masih ada beberapa yang menjual yamaha FZ1. Memang tidak banyak, dan harganya masih cukup tinggi sekitar Rp 90 jutaan sampai di atas Rp 100 jutaan.

"Untuk alternatif pilihannya ada Yamaha MT-10 atau Yamaha MT-09 bisa juga," tambah Anton.

Untuk diketahui, Yamaha FZ1 diproduksi pada rentan waktu 2001 hingga 2015, dan digunakan oleh Paspampres sejak 2010. Berarti, moge ini tidak termasuk baru, dan sudah bertugas di era presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY).

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Motor ini sendiri saat bertugas sebagai kendaraan pengawal orang nomor satu di Indonesia tersebut, selalu ditumpangi oleh dua anggota Paspampres.

Sebagai motor pengawal, kendaraan ini memang tidak dilengkapi senjata, makanya selalu ada anggota yang membawa senjata api duduk sebagai penumpang.

Yamaha FZ1 Fazer hadir dengan mesin empat silinder berkapasitas 998 cc, DOHC dengan dukungan sistem injeksi. Kuda besi berlogo garputala ini mampu menyemburkan tenaga hingga 150 Tk dan torsi maksimal 106 Nm.

Menyoal efisiensi, motor telanjang yang ditopang dengan mesin besar ini hanya menenggak sekira 6,72 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.