Sukses

Mobil Zaman Now Gampang Ringsek Saat Kecelakaan, Ini Alasannya

Seringkali masyarakat meragukan kualitas sebuah mobil saat terjadi kecelakaan. Hal ini karena ketika kecelakaan, bagian bodi depan atau belakang dapat ringsek seketika hingga rusak parah.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali masyarakat meragukan kualitas sebuah mobil saat terjadi kecelakaan. Hal ini karena ketika kecelakaan, bagian bodi depan atau belakang dapat ringsek seketika hingga rusak parah.

Namun tahukan Anda, bagian yang rusak parah tersebut merupakan bagian dari sebuah teknologi yang dikembangkan para insinyur otomotif dunia. Teknologi yang dimaksud adalah crumple zone atau zona benturan pada mobil.

Menurut Taqwa Suryo, pemilik workshop Garden Shop, kehadiran crumple zone pada dasarnya dapat mengurangi kerusakaan pada kabin mobil.

“Itu yang menyebabkan kalau mobil nabrak sebentar-bentar penyok, nabrak sebentar rusak, terus sekarang engine mounting kalau diganti kok mahal banget,” kata Taqwa saat ditemui di acara GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (7/8/2018).

Sebaliknya, kata Taqwa, sebelum crumple zone dengan bahan lunak, bumper terbuat dari material kuat. Akan tetapi, masalah yang timbul adalah tak ramah jika terjadi kecelakaan, terutama terhadap pejalan kaki.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Keselamatan

“Kalau nyenggol orang sedikit, patah kakinya. Jadi, sekarang pabrikan mobil lebih ramah dengan pejalan kaki, sehingga kalau lihat mobil apa pun dengan bumper yang besar, tetapi kalau dibuka bagian dalamnya (kap mesin) kosong atau hanya seperti gabus keras. Itu tujuannya untuk melindungi pejalan kaki agar lebih aman,” jelasnya.

Selain itu, Taqwa menginformasikan, jika terjadi kecelakaan dari arah depan, maka engine mounting akan terjatuh. Hal itu disebut bukan karena kualitas menurun, tetapi sebaliknnya demi keselamatan.

“Jadi kalau dipikir mobil sekarang ringkih, tetapi kabinnya ternyata lebih aman, sehingga penumpangnya lebih aman. Ini juga bisa dibilang, mobil yang aman hampir saya tidak temui yang ringan, karena monocoque harus kuat dan tahan untuk melindungi penumpang,” tutur Taqwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.