Sukses

4 Langkah Mujarab agar Mobil Terlihat Seperti Baru

Cara agar mobil berkilau seperti baru keluar dari showroom. Setidaknya ada empat tahap prosedur sederhana dari yang bisa mengubah mobil kusam menjadi perhatian utama di jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi setiap pemilik mobil tentu berharap agar tampilan tunggangannya selalu mengkilau bak mobil terbaru.

Sebaliknya, jika mobil terlihat kusam ditambah debu menempel, tak jarang para pemilik mobil justru merasa tak percaya diri.

Seperti dilansir Oto.com, jika Anda termasuk diantara pecinta mobil yang fanatik yang ingin melihat mobil tua-berdekade, berkilau dan bercahaya seperti kendaraan baru

Ya, artikel ini cocok untuk Anda karena berisi cara agar mobil berkilau seperti baru keluar dari showroom. Setidaknya ada empat tahap prosedur sederhana dari yang bisa mengubah mobil kusam menjadi perhatian utama di jalan raya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mencuci

Mencuci mobil Anda adalah langkah paling penting dari keseluruhan proses. Jika Anda ingin mobil Anda terlihat jutaan dollar, pastikan mencuci mobil tiap 15 hari.

Cuci dengan tekanan tinggi dapat menghilangkan semua kotoran, debu, bekas air, dan sisa garam, terutama di area di balik pengecoran, seperti di antara roda, di bawah bumper, dan lain-lain.

Sebelum lanjut dengan tahap berikutnya, pastikan Anda membersihkan semua kotoran dari permukaan mobil, jika tidak maka goresan akan muncul di bodi mobil jika permukaan berdebu menumpuk.

Untuk pencucian, gunakan deterjen cuci premium dan bersihkan rangka dan kusen pintu dengan tangan. Pastikan untuk membersihkan bekas jamur pada lantai atau akan menimbulkan goresan pada cat.

Setelah pencucian, keringkan dengan tangan mobil Anda dibandingkan menunggunya kering dengan udara, hal ini akan menghindarkan Anda dari noda air muncul dari bodi kendaraan yang baru saja dicuci.

 

3 dari 5 halaman

2. Claying

Setelah pencucian menyeluruh, beberapa partikel debu dan noda biasanya tetap dapat tinggal di bodi mobil Anda. Untuk menghilangkannya, detailing clay muncul dalam bentuk yang sangat praktis.

Permukaan kasar mobil Anda telah terkontaminasi, sulit untuk dibersihkan dengan pencucian air.

Untuk itu detailing clay dapat digunakan dan membantu untuk membersihkan tiap partikel debu dan mengisi ketidaksempurnaan kendaraan dalam sekejap, menghasilkan sebuah permukaan yang halus, dan siap dipoles dan memaksimalkan efek sesi wax-and-polish pada tahap selanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Memoles

Setelah pencucian dan claying, mobil Anda mungkin terlihat bersih namun kurang berkilau dan bercahaya. Untuk itu memoles adalah proses menggunakan substansi abrasif untuk menghilangkan lapisan yang sangat tipis pada bagian terluar cat, yang biasanya paling rusak.

Proses pemolesan ini membuat lapisan di bawah bersinar ke permukaan. Dengan beragam alat poles yang tersedia di pasaran, Anda dapat melakukan tugas ini dengan gampang di rumah.

Tapi jika Anda memerlukan sentuhan profesional menggunakan mesin buffing, kami menyarankan untuk membawa mobil Anda ke profesional. Jika memoles di rumah, kami menyarankan Anda untuk melakukannya dengan tiga tahap pemolesan:

  • Pertama, polesan yang agresif untuk menghilangkan goresan pada permukaan kasar
  • Kedua, polesan yang lebih lembut dengan tenaga medium untuk menghilangkan goresan biasa dan ketidaksempurnaan
  • Terakhir, Anda harus menggunakan poles yang sangat halus dan lembut yang diperuntukkan mempertegas yang sudah dicapai oleh keseluruhan proses pemolesan

 

 

5 dari 5 halaman

4. Waxing

Memoles membantu Anda untuk memperlihatkan lapisan berkilau cat dan membuat mobil Anda terlihat baru, tapi untuk mempertahankan hasil yang maksimal dalam waktu yang lama, waxing wajib dilakukan.

Tujuan utama dari waxing adalah untuk menciptakan lapisan protektif pada mobil yang telah dipoles-sempurna, permukaan yang berkilau dan melindungi kilaunya menjadi hilang karena faktor-faktor seperti kontak langsung dengan cahaya matahari, debu dan kotoran, goresan, hujan, dan salju diantara yang lainnya.

Anda dapat menemukan waxing dengan mudah pada toko otomotif mana saja, tapi hindari penggunaan produk “2in1” yang mengklaim memberikan dua tujuan sekaligus yaitu poles dan wax, kami menyarankan Anda untuk menghindarinya dan tetap memilih dua produk berbeda.

Selain itu, dibanding membiarkan wax yang diaplikasikan pada permukaan dalam waktu yang lama, bersihkan permukaannya setelah beberapa menit karena akan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dengan hasil yang lebih tahan lama.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.