Sukses

Toyota Luncurkan Aplikasi Berbagi Mobil, Seperti Ini Cara Kerjanya

Liputan6.com, Honolulu - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, kembali melakukan inovasi terbaru dengan meluncurkan apikasi Controlled Car-Sharing atau berbagi mobil.

Aplikasi ini memungkinkan pemilik mobil saling berbagai kendaraan dengan hanya menggunakan smartphone, termasuk bisa membuka kunci mobil.

Aplikasi ini memang mirip dengan milik kompetitor Toyota lainnya yang disebut BMW's ReachNow, Daimler's Car2Go, dan General Motors 'Maven. Hanya saja, Toyota tidak meluncurkannya di kota-kota besar, melainkan di Honolulu, Hawai, Amerika Serikat.

Dilansir Thedrive, Rabu (11/7/2018), aplikasi yang disebut Hui yang diucapkan ‘hooey’ yang berarti grup dalam bahasa Hawai dapat diakses oleh 70 mobil Toyota dan Lexus.

Beberapa mobil yang bisa dipesan dengan aplikasi dari ponsel pintar ini antara lain Toyota Prius, Prius Prime, Camry hingga Lexus RX 350.

Hui ini dioperasikan oleh Service Pacific, yang merupakan distributor Toyota di Hawai. Dengan begitu, mereka bisa melacak hilir mobil Toyota dan siapa yang akan dan telah menggunakan mobil.

Sedangkan pengembangannya aplikasi ini dilakukan oleh Toyota Connected North America yang fokus mengembangkan teknologi pembuatan mobil.

 

2 dari 3 halaman

Hanya Hawaii

Aplikasi ini ditawarkan langsung kepada perusahaan-perusahaan jasa atau rental mobil di Hawai. Tentu saja lokasi ini bukan tanpa alasan dipilih Toyota.

Seperti diketahui, Hawai merupakan sebuah pulau yang mimiliki dataran pegunungan dan dikelilingi lautan. Pihak berwenang menyarankan agar berbagi mobil menjadi pilihan untuk mengurangi kemacetan.

Meski demikian, bagi mereka yang menggunakan apliksi ini harus mengambil dan menyimpan mobil di tempat yang sama. Karena itu Toyota membangun 25 stasiun yang difokuskan di sekitar Honolulu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading