Sukses

Deretan Mobil Offroad Lawas Idaman di Masanya

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pabrikan mobil sudah sejak lama melahirkan mobil yang bukan sekedar alat transportasi biasa namun memiliki ketangguhan melibas rintangan jalan yang tidak bersahabat.

Banyak produsen mobil yang mulai menggeber penjualan mobil SUV atau Pick-Up yang dibekali sistem penggerak roda 4×4.

Mobil SUV kompak keluaran Suzuki, Jimny, bisa menjadi pilihan untuk melibas medan offroad. Namun selain Jimny yang sudah ada sejak era '70an tersebut, masih banyak mobil-mobil offroad lainnya yang menjadi idaman pada masanya.

Tampilan mobil-mobil off-road generasi lawas memang terlihat jadul, tapi jika berbicara masalah performanya yang tangguh, tidak akan kalah dengan mobil-mobil offroad ­modern keluaran terbaru. Mobil offroad tersebut salah satunya ialah Jeep CJ.

Jeep CJ merupakan SUV kompak yang pernah dibuat oleh beberapa pabrikan seperti di antaranya Willys-Overland (1944-1953), Kaiser-Jeep (1953-1970) dan American Motors Corporation (Jeep) (1970-1986). 

Pada 1944, Willys-Overland menjadi salah satu dari dua pabrikan mobil Jeep untuk keperluan militer di Perang Dunia 2 lewat model Willys MB, selain Ford yang juga memasok jip untuk keperluan militer yakni Ford GPW. 

Prototipe pertamanya versi komersial diberi nama CJ yang merupakan singkatan dari "Civilian Jeep" alias jip sipil. Sejak awal kelahirannya yakni pada 1944 hingga 1986, Jeep CJ telah dibuat sebanyak 1,5 juta unit. 

 

2 dari 4 halaman

Ford Bronco

Ford Bronco, mobil bersegmen multi-purpose vehicle (MPV) ini diproduksi dan dipasarkan oleh Ford dari 1966-1996, lebih dari lima generasi.

Mobil yang menggunakan sasis Ford F-Series ini dibuat lebih pendek. Bronco memiliki kemiripan dengan Chevy K5 Blazer dan Dodge Ramcharger. 

Rencananya, pabrikan mobil yang berbasis di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat ini akan membangun kembali pesaing Jeep CJ-5 pada 2020 mendatang.

 

3 dari 4 halaman

Toyota Land Cruiser

Toyota dengan nama besarnya telah melahirkan mobil tangguh dengan nama Land Cruiser. Mobil ini sendiri sudah mendunia.

Kemampuan mobil ini didukung oleh mesin DOHC 32-Valve V8 dengan Dual Independent Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i) yang memiliki 8 silinder dengan kapasitas mesin 5.7 liter.

Tenaga yang dikeluarkan mesin tersebut sangat power full, karena mencapai 381 Tk, sehingga semua medan jalan dapat dilaluinya dengan sangat lancar.

Selain dapur pacu yang power full, mobil ini juga memberikan kesan elegan bagi pengendaranya di jalan perkotaan dengan desain yang tetap ramah dan mewah.

4 dari 4 halaman

Daihatsu Taft

Daihatsu Taft adalah kendaraan berpenggerak 4 roda yang diproduksi oleh Daihatsu pada tahun 1974 sampai 2007. Di beberapa negara, Taft juga dikenal dengan Wildcat atau Scat atau Daihatsu Rugger.

TAFT sendiri adalah singkatan dari Tough Almighty Four-wheel Touring Vehicle.

Generasi pertamanya akrab dipanggil Taft Kancil, masuk ke Indonesia sekitar tahun 1976. Daihatsu Taft F10 ini hanya dijual sampai 1979 setelah Daihatsu Taft F50 dirilis pada tahun tersebut.

Untuk Daihatsu Taft F50, memakai sasis dan bodi yang sama, tapi mesinnya sudah pakai diesel dengan kode DG (4 silinder 2.530 cc) dengan transmisi 4 percepatan.

Mazda CX-30 | First Drive | Compact Crossover Rasa Sedan