Sukses

Tekan Angka Kecelakaan, Kementerian BUMN Gelar Mudik Gratis

Mudik gratis Kementerian BUMN dan PT ASDP akan dilaksanakan pada 9 Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan persiapan untuk program Mudik Gratis bersama BUMN tahun 2018. Program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini akan dilaksanakan pada 9 Juni mendatang di Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta.

Dikutip dari indonesiaferry, Senin (4/6/2018), Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal mengatakan, pihaknya memasang target minimal peserta mencapai 200 ribu pemudik. 

"Kementerian BUMN ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan. Mudik bisa berjalan lancar, pemudik pun mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN," kata Hambra dalam keterangan resminya.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, ASDP telah melakukan berbagai persiapan dan langkah antisipasi dalam layanan penyeberangan ASDP.

"ASDP mendukung penuh inisiasi Kementerian BUMN dalam menggalakkan penggunaan moda transportasi ferry untuk angkutan mudik gratis. Diharapkan ke depannya moda ferry menjadi pilihan utama masyarakat," ujar Ira.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Adapun kesiapan fasilitas umum di terminal penumpang yang tersedia seperti klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, mushola, hingga area parkir. 

Perlu diketahui, program Mudik Gratis ini bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi seperti bus, kereta api atau kapal laut.

"Dengan persiapan matang dan kapasitas yang memadai, kami yakin layanan penyeberangan selama mudik Lebaran 2018 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat kepada seluruh pengguna jasa," tutur Ira.

Pada lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, ASDP memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan yang akan dilayani selama musim mudik Lebaran tahun 2018 mencapai 1.600.328 pemudik dan 319.261 unit kendaraan, naik 10 persen dibandingkan realisasi tahun 2017 yang mencapai 1.454.844 orang penumpang dan 290.237 unit kendaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini