Sukses

Mengenal Ciri-Ciri Knalpot yang Bebas Tilang

Liputan6.com, Jakarta - Knalpot merupakan satu-satunya sistem pembuangan gas dari mesin mobil. Bentuknya terlihat sederhana, namun komponen ini bisa menimbulkan polusi udara jika tak dirawat dengan baik..

Yang terkena dampak polusi tak hanya udara, tetapi juga suara. Biasanya, knalpot yang berisik dan tidak sesuai aturan akan ditertibkan oleh pihak kepolisian.

Lantas, apa saja syarat knalpot mobil yang sesuai dengan regulasi. Mengutip dari Instagram @kemenhub151, hal itu berdasar pada PP No. 55 Tahun 2012 pasal 14 ayat 1 sampai 3.

Di dalamnya dijelaskan bahwa knalpot minimal terdiri dari tiga bagian, yaitu manifold, peredam suara, dan pipa pembuangan. Selain itu, sistem pembuangan harus dirancang dan dibuat dari bahan yang kuat.

Arah pipa knalpot pun tak boleh mengganggu pengguna jalan lain. Asap yang dikeluarkan juga tidak boleh mengarah ke tangki bahan bakar atau roda sumbu belakang mobil. Selain itu, letaknya tidak melebihi sisi samping maupun belakang mobil.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pada pasal tiga dijabarkan bahwa pipa pembuangan harus diarahkan boleh diarahkan ke semua sisi mobil, kecuali kiri, dengan sudut kemiringan tertentu.

Sumber : Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Access 125 Akan Melawan Yamaha Lexi?
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Ban Motor yang Tepat untuk Mudik