Sukses

Selain Jalan Berlubang, Ada Lagi Jenis Jalan Lain yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta - Ritual mudik Lebaran sebentar lagi. Tentu saja para pemudik menggunakan berbagai kendaraan transportasi untuk sampai di kampung halaman.

Kendati begitu, para pemudik harus waspada, karena selain faktor human error atau manusia itu sendiri, kecelakaan bisa saja mengintai lantaran kondisi jalan.

Menurut pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu, ada beberapa kondisi jalan yang menyebabkan kecelaaan.

“Seperti blind spot. Biasanya itu terjadi di tikungan, seperti di daerah pegunungan atau berbukit,” ucap Jusri kepada Liputan6.com, Sabtu (26/5/2018).

Tak dapat dimungkiri, kecelakaan di jalan bisa saja disebabkan karena terguling, ditabrak, adu banteng, atau dihantam dari arah belakang.

Selain itu, Jusri juga menyatakan kondisi jalanan yang perlu diperhatikan lainnya yaitu ketika berada di jalan yang lapang dan luas.

“Hal ini dapat memancing pengemudi untuk melaju kendaraan untuk lebih cepat,” katanya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kondisi jalanan lainnya yang patut diwaspadai adalah jalan licin. Hal tersebut bisa saja membuat kendaraan hilang kendali.

Jusri menyarankan, pemudik yang hendak ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ada baiknya lebih berhati-hati terutama ketika melintasi jalur tol fungsional.

“Ini karena jalan dengan permukaan badan bahu jalan tinggi, dapat membuat mobil keluar badan jalan langsung sering terguling sehingga menyebabkan kecelakaan. Itu perlu disikapi,” tuturnya.

Beberapa jenis jalan lain yang dapat menyebabkan kecelakaan, yaitu jalanan rusak, berlubang, terhalang pandangan, tidak berlampu, tak ada marka dan rambu jalan, serta marka dan rambu rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.