Sukses

Mobil Wajib Tes Sebelum Disewa buat Mudik, Kenapa?

Tidak kalah penting yang harus diperhatikan konsumen sebelum menyewa mobil adalah melakukan test drive. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu alternatif penyediaan alat transportasi untuk mudik Lebaran ialah sewa mobil atau rental. Selain mudah, konsumen juga bisa memilih mobil sesuai dengan kebutuhan, seperti MPV atau SUV.

Dijelaskan Agus Riyadi, COO Trac Astra Rent a Car, saat menyewa mobil, konsumen harus lebih spesifik. Artinya, jika hendak memilih Toyota Innova, pastikan tahun berapa yang diberikan pihak rental mobil.

"Lebih spesifik, misalkan minta Toyota Innova 2017, yang diberikan harus tahun yang sama. Lalu, yang harus diperhatikan juga layanan, jaringan bengkel dan juga layanan 24 jam-nya," Agus menjelaskan saat berbincang dengan wartawan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan konsumen ialah melakukan test drive. Hal tersebut untuk memastikan, saat mobil tiba apakah memang layak dan mobilnya tidak ada masalah.

"Apalagi kan untuk perjalanan ke luar kota, jadi harus benar-benar dicek. Pastikan juga, mobil yang disewa sudah diasuransikan," dia menambahkan.

Tidak kalah penting, ketika mobil tiba di rumah, konsumen harus melakukan checklist. Pastikan semua kondisi mobil, mulai dari bodi, ban, rem, lampu, AC, bahkan sampai ban cadangan.

"Jangan sampai, sebenarnya sudah rusak dari awal, tapi karena konsumen tidak checklist jadi diminta ganti (tanggung jawab)," dia memungkasi.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntung Sewa Mobil

Memang, menggunakan mobil sewaan untuk mobil perlu biaya tambahan. Namun, ada juga keuntungan lain jika memilih menyewa mobil sebagai alat transportasi mudik Lebaran.

"Pertama, keuntungan personal yang didapat, yaitu tidak membuat jumlah kilometer mobil pribadi naik," tutur Agus Riyadi, COO Trac Astra Rent a Car.

Lanjut Agus, bayangkan jika harus melakukan mudik dari Jakarta ke Solo. Sudah bisa dipastikan, kilometer mobil bakal naik tinggi.

Untuk keuntungan kedua, konsumen dapat memilih mobil yang memang berbeda dengan mobil pribadi. Pasalnya, rental mobil jelang mudik ini tidak hanya sebatas untuk konsumen yang tidak memiliki kendaraan, tapi juga yang sudah punya mobil.

"Misalkan, mobil di rumah sedan. Jadi, bisa sewa MPV, Toyota Avanza atau Innova agar muat sekeluarga," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.