Sukses

Kabar Gembira, Mercedes-Benz G-Class Klasik Masih Dijual

Meskipun sudah ada generasi penerusnya, Mercedes-Benz G-Class model lama tetap diproduksi dan dijual. Sebuah kabar gembira bagi penggemar G-Wagen yang masih mengutamakan kesederhanaan dan ketangguhan sejati off-roader legendaris.

Liputan6.com, Stuttgart- Meskipun sudah ada generasi penerusnya, Mercedes-Benz G-Class model lama tetap diproduksi dan dijual. Sebuah kabar gembira bagi penggemar G-Wagen yang masih mengutamakan kesederhanaan dan ketangguhan sejati off-roader legendaris.

Padahal, generasi terbarunya tidak mengalami perubahan ekstrem dari sisi desain. Model mengotak yang semakin terlihat ‘jadul’, terus dilestarikan sejak debut di 1979. Sulit untuk dihilangkan dan sangat benar bila terus dipertahankan. Jika berubah total, rasanya seperti sebuah kesalahan.

Jadi, bagi Anda penikmat G-Class lawas, masih bisa membelinya dalam keadaan baru. Tapi, tergantung di mana Anda tinggal, karena tidak semua pasar tetap menyediakan sang Gelandewagen tua.

G-Class yang tetap dirakit ‘handmade’ oleh Magna Steyr di Graz, Austria, berkode sasis W461. Model ini dikenal sebagai versi militer dan untuk penggunaan komersial sejak 1990. Berbeda dengan W463 yang lebih ikonik soal fashion dan performa kencang AMG, masa hidupnya sudah berakhir, berganti generasi terbaru W464 yang juga dirakit di Magna Steyr.

Diwartakan Road and Track, G-Class W461 terus berlanjut siklusnya namun hanya dijual di pasar dengan standar Euro 5. Popularitas model ini, terus bertumbuh seiring pertambahan usia. Seolah tidak ada matinya, makin tua justru makin dicari. Tak lain karena W461 dibeli dan digunakan juga oleh pemerintahan, militer dan peruntukan sejenis. Pasar yang masih menjual mobil ini antara lain Jerman, Australia dan negara-negara di Timur Tengah.

W461 terkenal bukan karena kenyamanan, performa atau kecanggihan fitur. Melainkan kesederhanaan serta ketangguhannya yang diperkuat penggerak empat roda (4WD) tradisional. Tidak ada kemewahan sama sekali, malah terlalu spartan bagi sebuah Mercedes yang berharga tak murah. Ada beberapa konfigurasi bodi yang bisa dikembangkan dari sasis 461. Antara lain station wagon, pikap sampai penggerak 6x6. Jika Anda mengenal G-Class Professional yang dijadikan pengawal mobil presiden, mobil ini masih terus dijual di negara-negara yang disebut di atas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mercedes-Benz mengklaim, tetap lanjut berinvestasi pada G-Class tua ini tanpa ada rencana berhenti memproduksinya. Jika tidak ada alasan untuk mempensiunkan, semoga bakal terus abadi. Seharusnya, Land Rover mengikuti langkah Merc dengan tetap mempertahankan orisinalitas Defender.

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.