Sukses

Mudik Bawa Banyak Barang, Berikut Tips Memilih Roof Rack

Liputan6.com, Jakarta - Merencanakan perjalanan mudik Anda akan lebih mudah ketika Anda bisa membawa semua peralatan Anda. Penggunaan roof rack yang tepat di atap kendaraan Anda merupakan hal penting guna mengantisipasi banyaknya barang bawaan atau memang sudah tidak cukup ruang kabin yang penuh penumpang.

Dikutip dari popularmechanics, Sabtu (19/5/2018), Rack Expert, Andrew Pasquella dari Front Runner Outfitters, membeberkan hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Roof Rack untuk kendaraan Anda.

Hal yang pertama yang dilakukan ialah memeriksa berat rack tersebut. Carilah roof rack yang kuat namun tidak berat. Banyak rack yang menggunakan bahan berat seperti baja. Anda bisa mencari rack aluminium yang dirancang dengan baik dimana bobotnya lebih ringan 30 persen dari baja, dengan lebih banyak daya tahan dan kapasitas angkut.

Kedua, baiknya Anda mencari roof rack modular yang memudahkan perakitan dan memungkinkan Anda menambahkan sekat untuk berbagai penggunaan. Rak juga dapat berubah seperti yang Anda butuhkan pada waktu tertentu.

Langkah ketiga, periksalah lineup aksesori. Roof rack terbaik adalah yang bisa Anda gunakan ke berbagai tujuan. Memiliki rangkaian aksesori terluas menciptakan kemungkinan petualangan tanpa akhir. Pastikan rak Anda dapat menampung tempat air dan kaleng bahan bakar, tenda atap, sepeda, ski, papan selancar, kapak, kano atau kayak, dan apa pun yang mungkin Anda perlukan.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selain itu, cek kekuatan dan daya tahannya. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk merusak perjalanan Anda daripada dengan kegagalan rak. Jika Anda pergi dan berencana untuk menuju pulang kembali dengan menggunakan rak murah, mungkin tidak berhasil. Jangan batasi perjalanan Anda hanya karena khawatir tentang kekuatan rak. 

Selanjutnya, Anda harus lebih melihat nama perusahaan rak yang cukup bagus. Tetaplah bersama perusahaan-perusahaan yang telah ada selama puluhan tahun dan dapat menawarkan kepada Anda layanan pelanggan langsung untuk membantu dalam pemasangan rak atau pertanyaan tentang kinerjanya.

Carilah perusahaan yang membuat rak dan aksesori untuk berbagai macam kendaraan. Lebih banyak rak dan aksesori akan lebih banyak pilihan untuk Anda dengan apa pun yang Anda kendarai. 

Terakhir, pilihlah rak yang menggunakan komponen berbahan sedikit plastik. Plastik akan rapuh dan juga memiliki nilai muatan yang lebih rendah. Dia akan memudar di bawah sinar matahari. Perusahaan akan menggunakan bahan murah karena biayanya lebih murah.

2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Persiapan Mudik, Ini Waktu yang Tepat untuk Servis Mobil