Sukses

Test Ride Vespa Primavera ABS, Seberapa Irit?

OTO.com berkesempatan menguji secara komprehensif Vespa Primavera ABS. Kali ini kami sajikan hasil konsumsi bahan bakarnya.

Jakarta - Catatan irit, sering jadi patokan konsumen membeli motor. Lantaran itu, setiap sesi test ride, kami selalu melakukan uji irit. Termasuk ke unit yang sedang kami cicipi sekarang, Vespa Primavera ABS.

Pengujiannya manual, pakai metode full to full. Maklum, panel instrumen Primavera ABS tidak terlalu informatif.

Belum bisa menunjukkan angka konsumsi bahan bakar rata-rata. Jadi, kami mengisi dulu tangki bensinnya sampai penuh. Kemudian skutik Italia ini kami ajak berkeliling Jakarta.

Berbagai kondisi jalan dilalui, mulai dari padatnya lalu lintas sore hari, sampai dengan lengangnya malam. Cara berkendara juga kami buat senyata mungkin.

Ada kalanya tuas gas diputar habis saat lowong, tidak jarang pula berkendara perlahan karena macet. Alhasil setelah menempuh total perjalanan 149,1 Km, tangki bensin diisi penuh lagi. Ternyata butuh 4,74 liter.

Dengan demikian, konsumsi bahan bakar rata-rata Primavera ABS, 31,4 kpl. Suatu catatan yang biasa-biasa saja untuk skuter di kelas 150 cc.

Hasil ini kami raih pakai bensin RON 92 atau Pertamax, sesuai rekomendasi pabrikan. Beruntung Vespa membekalinya dengan tangki bensin lapang berdaya tampung 8,5 liter, sehingga pengendaranya tidak perlu sering-sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Vespa Primavera ABS

Selama berkendara, kami tentu merasakan performa mesinnya. Impresi awal, teknologi i-Get yang tersemat di jantung mekanis, sukses membuat getaran hilang. Berakselerasi dengan Primavera ABS terasa begitu halus.

Meski memang, respon mesinnya tidak terlalu baik. Ada jeda saat tuas gas dibuka, sampai motor benar-benar berlari cepat. Performanya juga tidak impresif.

Di atas kertas kapasitas murninya 154,8 cc dengan konfigurasi satu silinder. Meski tampak besar, ternyata cuma bisa menggelontorkan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,82 PS pada 7.500 rpm.

Penggunaan ban baru ukuran lebih besar, meningkatkan kenyamanan berkendara dengan Primavera ABS. Karet bundar depan 110/70-12 inci dan belakang 120/70-12 inci sukses membuat efek bodi bawah bersinggungan dengan aspal bisa diminimalisir. Terutama ketika lewat jalan bergelombang atau undakan.

Adanya fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS), mampu meningkatkan rasa percaya diri saat menungganginya. Kami sudah mencoba sendiri melakukan pengereman mendadak saat melaju cukup cepat.

ABS sukses membuat roda tidak terkunci, sehingga kami masih bisa melaju sempurna seperti tidak terjadi apa-apa. Sayang fitur ini cuma ada di roda depan.

Penulis : Baghendra Lodra

Editor : Anindiyo, Ivan Hermawan

Sumber : OTO.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini