Sukses

Hati-Hati Saat Hujan Baru Turun, Ini Alasannya

Ternyata, jalanan lebih licin saat hujan baru turun.

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Terlebih jika jalan yang dilalui licin, pengendara harus lebih berhati-hati agar tidak selip dan tergelincir.

Terkait itu, Bambang Hermanuhadi selaku Manager Training Dunlop Indonesia mengatakan jalanan akan lebih licin ketika hujan baru benar-benar turun.

"Saat licin itu ketika hujan pertama kali turun. Kalau hujan lebat sangat besar, air banyak, itu debu-debu sudah tersapu semua, tapi ketika hujan pertama kali turun ada lapisan debu di permukaan jalan," ujar Bambang kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika permukaan jalan terkena air dan tercampur debu, akan membentuk sebuah lapisan film. Ini yang akan membahayakan pengendara.

"Lapisan ini yang memisahkan antara ban dengan permukaan jalan sehingga ketika direm akan selip," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia menyarankan agar pengendara bisa lebih ekstra hati-hati jika hujan baru turun. 

"Kalau hujan sudah besar, enggak masalah. Tinggal daya pandang kita sanggup gak," ujarnya.

Namun, bagi pengendara mobil, tak perlu terlalu khawatir jika sedang berada di jalan yang terbuat dari beton, seperti saat di jalan tol. 

Menurut Bambang, jalanan yang dibuat dari beton bisa menghasilkan daya pengereman yang baik, termasuk saat hujan.

"Beton memang menghasilkan daya pengereman yang jauh lebih baik daripada aspal biasa, karena gesekannya lebih besar," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.