Sukses

Asal Muasal Bercak Putih pada Aki

 

Liputan6.com, Jakarta- Saat kita membuka kap mesin dan berniat untuk memeriksa kondisi aki, terkadang aki dihinggapi oleh bercak putih yang tidak diundang.

Asal-usul bercak itu pun tidak lain merupakan sisa dari cairan yang terdapat di dalam aki. Penjelasannya pun disampaikan oleh Muksin, Technical Operational Fast. Menurut dia, kemunculan bercak-bercak itu juga merupakan indikasi bahwa aki mulai butuh perawatan.

"Perawatan aki, kalau aki kering, dicek pul-pul terminalnya ada warna putih-putih atau tidak. Kalau disiram air panas, dia sembuh," kata dia.

Bagaimana bercak itu bisa muncul? Muksin menjelaskan bahwa penyebabnya adalah penguapan.

"Kalau aki yang maintenance free kan sebenarnya di dalamnya ada air (cairan), dia bisa menguap, makanya muncul putih-putih," kata dia.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Terlebih lagi kalau bicara aki yang dikenal dengan tipe "aki basah". Cairannya ibarat nyawa yang menjaga keberlangsungan hidupnya.

"Kalau aki basah, kalau kita bilang nyawanya itu di air. Kalau airnya kering, tinggal nunggu (soak) saja, paling lama sebulan. Jadi ditambah air (aki). Tidak perlu dikuras, cukup tambah air," ujarnya.

Bercak putih sendiri muncul lantaran aki menggunakan logam timah hitam. Bahan ini disebutnya mudah menyebabkan penguapan.

"Dia pakai timah hitam kan ya, penguapannya tinggi. Kalau untuk perawatan aki basah sendiri ya tergantung ya. Kalau baik bisa setahun, bisa setahun lebih," ujarnya.

Penulis : Dimas Wahyu

Sumber : Otosia.com

2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Susah Cari Onderdil Motor Lawas Suzuki? Coba Cek Toko Ini
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sistem Kemudi Roda Belakang Milik Porsche Cayenne, Apa Manfaatnya?