Sukses

Jangan Kaget, di Tempat Ini Bersemayam Ratusan Mobil Klasik

Liputan6.com, Jakarta - Populasi mobil klasik di Indonesia kian berkembang pesat. Terbukti, dari semakin menjamurnya komunitas pecinta mobil jadul ini di Tanah Air.

Namun, siapa sangka, ada pecinta mobil klasik yang memiliki ratusan mobil klasik langka. Bahkan, pria bernama lengkap Hartawan Setjodiningrat ini memiliki tempat bernama Hauwke's Auto Galley, untuk menyimpan mobil klasiknya.

"Kecintaan saya terhadap mobil klasik, dimulai pada 1979. Waktu itu, saya sekolah di Australia pada 1974, dan berkumpul dengan orang mobil. Nah, di sana saya bikin hotrod, dan berbagai mobil tua," cerita Hartawan saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (12/3/2018).

Ketika kembali ke Indonesia pada 1980-an, dengan kecintaannya kepada mobil klasik, pria yang sudah bertualang ke-60 negara ini mulai berburu mobil klasik. Awalnya, mobil klasik ini ia dapatkan di berbagai daerah di Indonesia, dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribuan.

"Suatu saat, mobil saya sampai 100-an unit lebih, bingung saya. Pelan-pelan, yang bagus saya restorasi yang tua-tua saya jual dan dituker kepada teman-teman," tegasnya.

Lanjut cerita, pria ini kemudian membuat galeri ini untuk menunjang atau membayar mekanik yang ikut dengan dirinya. Lalu, tempat ini ia sewakan untuk bisnis, seperti tempat foto prewedding, dan lain-lain.

"Hingga saat ini, ada sekitar 80 unit mobil klasik yang sudah direstorasi. Tapi, masih ada sekitar 20-an unit yang belum direstorasi," pungkasnya.

 

1 dari 2 halaman

Mobil Bung Karno

Dari ratusan mobil yang tersimpan di Hauwke's Auto gallery, ada empat mobil yang memiliki nilai sejarah tinggi. Keempat mobil ini, merupakan kendaraan yang pernah dipakai oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, Ir Soekarno.

Mobil ini didapatkan dari hasil lobi ke Sekretariat Negara (Setneg), untuk menyelamatkan mobil yang memiliki nilai sejarah tinggi bagi bangsa Indonesia ini dari buruan kolektor asing, untuk dibeli dan dibawa ke luar negeri.

"Pada 1987 Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno (PPMKI) diberi kepercayaan untuk merawat mobil eks Bung Karno ini. Akhirnya, dari 23 mobil yang dikeluarkan dihibahkan ke anggota PPMKI, dan saat ini 80 persen mobil bung Karno sudah layak jalan," kenang Hartawan.

Saat ini, ia memiliki empat mobil yang sempat digunakan oleh bung karno, yaitu Chrysler Imperial 59 Limousine, Chrysler Winsor 47, Zyl 1957, dan Cadillac 51.

"Mobil yang paling bersejarah itu, Chrysler Winsor 47. Karena mobil itu sebelum diberikan kepada Bung Karno dikemudikan oleh Jenderal Soedirman, saat Ibu Kota Indonesia berada di Yogyakarta," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Mau Koleksi Mobil Klasik, Simak Tips dari Ahlinya
Artikel Selanjutnya
Mau Keliling Dunia Pakai Kendaraan, Perhatikan Komponen Penting Ini