Sukses

Mobil Putih Dianggap Paling Aman, Alasannya?

Liputan6.com, Jakarta Beredar anggapan di masyarakat bahwa mobil putih lebih jarang terlibat kecelakaan dibanding warna lain. Tak diketahui pastinya alasan beredarnya pendapat ini.

Secara logika, mobil putih sangat kontras dengan aspal dan daerah di sekitarnya yang cenderung memiliki warna berbeda. Hal ini membuat pengguna jalan lain mudah menyadari kehadiran mobil tersebut.

Ketika kondisi jalanan yang gelap, mobil putih juga lebih mudah terlihat. Pantulan sinar dari berbagai sumber cahaya, baik alam maupun buatan, lebih kuat dipancarkan oleh mobil putih, meskipun varian white matte sekalipun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Accident Research Centre, Australia, dijelaskan bahwa mobil berwarna hitam memiliki risiko 12% lebih besar dibandingkan dengan mobil putih.

Mobil teraman berikutnya ialah warna merah, silver, dan abu-abu. Namun, bukan berarti mobil putih pasti akan terhindar dari kecelakaan. Pengendara dituntut untuk tetap waspada dan berkonsentrasi saat mengemudi.

Sumber: Otosia.com

1 dari 2 halaman

Kenapa Orang Suka Mobil Warna Putih? Ini Jawabannya

Produsen otomotif menawarkan mobil yang mereka produksi dengan banyak pilihan warna. Namun demikian, dari sekian banyak pilihan yang disediakan, putih jadi warna yang paling digemari saat ini.

Putih didaulat menjadi warna mobil paling populer secara global. Menurut data yang dihimpun PPG Industries, warna putih menduki peringkat pertama dengan persentase 28 persen, diikuti warna hitam dengan 18 persen dan perak atau abu-abu di posisi ketiga dengan persentase 13 persen.

Banyak alasan pemilik mobil memilih putih sebagai warna tunggangannya. Bagi para konsumen, warna ini dipercaya mewakili jiwa muda yang penuh ide dan inovasi. Inilah yang mendorong Apple dipercaya turut memilih putih sebagai warna utama pada produk yang mereka tawarkan.

Jika warna mobil kerap dianggap sebagai bentuk personalisasi diri para pemiliknya, Marcie Cooperman, profesor dalam bidang warna untuk Sekolah Desain Parsons New York memiliki jawaban yang logis tentang anggapan itu. Ia mengatakan jika putih mewakili cita rasa tinggi dan elegan.

Sementara itu bagi kaum hawa, putih memiliki makna sederhana dan berkonotasi positif karena terlihat lebih anggun dan mewah ketimbang warna lainnya. Putih juga selama ini dikenal sebagai lambang kesucian.

Adapun dari sisi teknis, putih merupakan warna yang mampu menangkal menangkal hawa panas di dalam kendaraan karena memantulkan pancaran cahaya matahari. Kondisi ini dianggap menguntungkan terutama untuk kendaraan yang mobilitasnya ada di wilayah-wilayah yang panas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Lima Helm Retro Pilihan untuk Pencinta Motor Klasik
Artikel Selanjutnya
Manfaat Tutup Pentil Terasa di Musim Hujan