Sukses

Segera Meluncur, Inikah Spesifikasi Honda PCX Anyar?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan pasar skuter matik (skutik) bongsor 150 cc di tahun depan, sepertinya bakal sengit. Setelah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sukses dengan NMax, kini PT Astra Honda Motor (AHM) siap menyerang balik dengan menghadirkan Honda PCX.

Belum diketahui pasti, apakah pabrikan berlambang sayap mengepak ini hanya meluncurkan Honda PCX lokal, atau langsung mendatangkan versi ramah lingkungannya, yaitu Honda PCX listrik dan hybrid yang sudah pamer diri di Tokyo Motor Show (TMS) 2017, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, produksi Honda PCX listrik dan hybrid bakal dilakukan di Thailand. Rencananya, Honda PCX tanpa bensin ini bakal diluncurkan di Negeri Gajah Putih tersebut tahun depan.

Sebagai produsen, pabrikan asal Jepang ini juga mengusulkan agar Thailand mengadopsi UNR 136. Istilah itu merupakan standarisasi soal kendaraan listrik yang menyangkut keselamatan dan pedoman kebocoran, termasuk daur ulang baterai.

"Thailand telah menjadi sentra manufaktur otomotif, dan sangat potensial memproduksi PCX electric," jelas Presiden AP Honda, Yoichi Mizutani, dikutip The Nation, ditulis Selasa 12/12/2017).

Untuk spesifikasinya, Honda PCX memiliki dimensi yang tidak berbeda dengan versi konvensional, yaitu panjang 1.923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm.

Untuk jantung penggerak, Honda PCX dipersenjatai dengan motor listrik hasil pengembangan Honda, dan mampu memuntahkan daya hingga 0,98 kW. Sedangkan untuk mesin konvensionalnya didukung unit OHC satu silinder 4-tak berpendingin air cooled.

1 dari 2 halaman

Baterai lithium-ion

Untuk baterai lithium ion Honda ini bisa dilepas dan dipasang, atau biasa disebut mobile battery pack. Selain itu, baterai ini juga sudah dilengkapi fitur ACG starter.

Untuk spesifikasi lainnya, seperti tidak jauh berbeda dengan Honda PCX konvensional, yaitu fitur smart key dan sinyal anti-theft. Untuk menghidupkan Honda PCX 150, kini tanpa harus memasukkan lagi anak kunci ke rumahnya. Dan rumah kunci tanpa lubang kunci telah dilengkapi dengan iluminasi (pencahayaan) biru pada bezel-nya, sehingga berkesan mewah.

Sedangkan pada lampu utama, dual LED reflector-nya sudah dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) LED. Dan lampu sein serta lampu belakangnya sudah LED modular yang membuat PCX akan semakin terlihat menonjol dari kejauhan.

Sein bahkan bisa dinyalakan bersamaan sebagai hazard light. LED juga menjadi pencahayaan untuk panel meter sehingga semua informasi penting mudah terbaca.

Jok Honda PCX 150 2017 telah didesain lebih nyaman, dengan model overlapping disesuaikan dengan ruang pijakan kaki. Hal ini membuat pengendara dan pembonceng seperti memiliki ruang masing-masing. Sementara itu, tinggi joknya kini hanya memiliki dimensi 76,1 cm.

Sementara bagasi di bawah jok berkapasitas 25 liter yang mampu memuat dua helm sekaligus, dengan pembukaan secara remote. Sedangkan glove box di depan kini dilengkapi dengan charging untuk smartphone dan gadget lainnya.

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Harga Suzuki NEX II dan Toyota C-HR
Artikel Selanjutnya
Honda PCX Hybrid Lokal Dirancang untuk Irit dan Kencang