Sukses

Ternyata, Ignasius Jonan Sudah Punya Motor Listrik Viar Q1

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, ternyata langsung jatuh hati dengan motor listrik Viar Q1.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, ternyata langsung jatuh hati dengan motor listrik, Viar Q1. Bahkan, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan ini sudah membeli satu unit Viar Q1, sebelum sang menteri mencoba langsung motor yang dibanderol Rp 16,7 juta ini di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Seperti dikutip dari bisnis Liputan6.com dari keterangan tertulis Kementerian ESDM, proses pembelian Viar Q1 yang dilakukan Ignasius Jonan terbilang unik. 

Diawali saat Jonan bertemu dengan salah seorang stafnya, ketika dia menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, pada Sabtu (28/10/2017). 

Staf tersebut datang dengan menggunakan motor listrik besutan Viar dan Jonan langsung tertarik untuk mencobanya. Namun sayang, karena hujan, Jonan tidak dapat mencoba motor tersebut. Masih penasaran, Jonan pun kemudian menghubungi staf tersebut untuk bertemu kembali pada Sabtu malam, dan langsung mencobanya. 

Tidak menunggu lama, Jonan langsung memutuskan untuk membeli satu unit motor Viar Q1 untuk diberikan kepada putrinya, Monica Jonan.

"Saya satu (beli) buat pribadi, boleh dong?" ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat. "Sudah diantar ke rumah, baru nyoba di depan rumah dan komplek, karena belum ada STNK dan pelat nomornya," tambah Jonan.

Pada Minggu pagi, (29/10/2017), motor listrik yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 60 kilometer (km) per jam, dengan jarak tempuh sekitar 70 km, tiba di kediaman Menteri Jonan.

Sebagaimana diketahui, Jonan juga telah menerima tim produsen motor Gesits di Kantor Kementerian ESDM. Pada pertemuan tersebut, Jonan berkesempatan untuk mencoba motor listrik produksi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu. Usai mengendarai motor tersebut, Jonan menuturkan bahwa emisi yang dikeluarkan motor tersebut sangat rendah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setelah Gesits, Ignasius Jonan Jajal Motor Listrik Viar Q1

Setelah beberapa waktu lalu, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, kembali menjajal satu motor listrik. Kali ini motor listrik yang dicoba adalah Viar Q1. Seperti halnya ketika mencoba Gesits, menteri yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan itu sangat mengapresiasi motor listrik yang dibanderol Rp 16,7 juta ini.

Menurut Jonan, motor listrik Viar Q1 ini bisa jadi satu pilihan lagi dan jadi tren baru masyarakat untuk menggunakan sepeda motor listrik.

"Gesits itu masih prototipe, jadi harus lihat versi produksinya juga, tidak bisa dibandingkan sekarang," jawab Jonan ketika Liputan6.com bertanya lebih bagus Gesits atau Viar Q1 di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Lanjut Jonan, terkait dengan daya jelajah Viar Q1 jika baterai terisi penuh, yaitu 60 km, sudah cukup jika digunakan di jalan perkotaan. "Kalau di DKI Jakarta sudah lumayan jauh," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan pengisian daya listriknya, menurut pria ramah ini, masih cukup terjangkau bagi masyarakat. Karena jika listriknya setara dengan 1,6 kWh dan harga per kWh Rp 1.400 maka butuh sekitar Rp 2.500.

"Kalau motor biasa, Rp 10 ribu untuk bahan bakar RON88, ini (motor listrik) lumayan untuk masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.