Sukses

Biar Mudah Cek Fisik, Ini Letak Nomor Rangka dan Mesin Toyota

Jika pemilik mobil atau calon pemilik mobil mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin, bisa juga mencegah tindak kriminal.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian pemilik mobil, mengetahui letak nomor rangka dan mesin bukan sesuatu yang penting. Namun, jika sudah berbicara perpanjang STNK dan membeli mobil baru atau bekas, letak dua nomor ini jadi sangat penting.

[bacajuga:Baca Juga](3073978 3072321 3074

Nah, jika pemilik mobil atau calon pemilik mobil mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin, bisa juga mencegah tindak kriminal. Pasalnya, saat ini banyak tindak pencurian kendaraan, dan mengganti mesin dengan unit yang tidak layak pakai.

Perlu diketahui, nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN) merupakan nomor seri unik yang digunakan oleh pabrikan untuk mengidentifikasi individu kendaraan.

"Untuk persetujuan letak nomor rangka dan nomor mesin lebih condong kepada pemerintah yang mengatur (pemerintah negara pembuat kendaraan)," jelas Iwan Abdurahman," Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (30/8/2017).

Untuk letak nomor rangka dan nomor mesin, kita ambil contoh kendaraan Toyota. Toyota Avanza dan Rush, untuk nomor rangka terletak di frame depan kiri, dan terletak di dekat power steering. Sedangkan untuk nomor mesinnya, terletak di bawah sensor VVT-i(OVC Sensor).

Sementara itu, nomor rangka Toyota Kijang Innova terletak di roda depan kiri bagian dalam, dan nomor mesin terletak di bagian bawah intake manifold untuk tipe bensin, dan bagian bawah common rail untuk tipe diesel.

Toyota Rush memiliki nomor rangka di bodi samping depan kiri dekat power steering, dan nomor mesin di bawah sensor VVT-i. Toyota Vios dan Limo nomor rangka terletak di bawah jok depan kanan pengemudi, dengan nomor mesin di bawah intake manifold.

Sedan lain Toyota, yaitu Altis rangkanya terletak di bawah jok depan kanan pengemudi dan nomor mesin di dekat exhaust manifold.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Toyota-Daihatsu

Kehadiran Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC), Hiroyukui Fukui bersama Presiden Daihatsu Motor Co. Ltd (DMC), Soichiro Okudaira saat GIIAS 2017 lalu memberikan isyarat jika pengembangan compact car (mobil kompak) dengan mesin berkubikasi kecil untuk pasar Indonesia, seperti Agya-Ayla atau Calya-Sigra akan berlanjut.

"Harapannya, kedatangan kami berdua ke Indonesia tentu dapat memberikan hal yang positif bagi Indonesia, terutama di industri otomotif," kata Hiroyukui Fukui beberapa waktu lalu.

Meski tidak menyebutkan secara rinci mengenai model selanjutnya, keseriusan TMC dan DMC tercermin pada Emerging-market Compact Car Company (ECCC) yang didirikan pada awal 2017. Didirikannya ECCC merupakan langkah lanjutan setelah Toyota mengakuisisi 100 persen saham Daihatsu pada Agustus 2016.


Disebutkan, ECCC merupakan perusahaan internal bagi pengembangan compact car untuk pasar emerging market. Indonesia yang masuk dalam emerging market berpeluang menambah model kolaborasi seperti yang sudah terjadi saat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.