Sukses

Masalah Mesin, 1,5 Juta Mobil Hyundai dan KIA Ditarik

Setelah Toyota, kini Hyundai dan kia, berencana untuk melakukan recall terhadap 1,2 juta unit kendaraannya di Amerika Serikat.

Liputan6.com, New York - Tren recall atau penarikan kembali untuk perbaikan, tengah melanda pabrikan otomotif dunia. Setelah Toyota, kini Hyundai dan kia, berencana untuk melakukan recall terhadap 1,2 juta unit kendaraannya di Amerika Serikat.

Dilansir Autonews, Senin 910/4/2017), recall ini ditenggarai karena adanya masalah di mesin Theta empat silinder berkapasitas 2,0 liter dan 2,4 liter milik Hyundai.

Seperti dilaporkan Badan Administrasi Keselamatan dan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), permasalah ini terjadi pada bearing mesin yang dapat menyebabkan aus secara prematur, dan dapat mengakibatkan kegagalan pada sektor mesin yang memungkinkan mobil mengalami kecelakaan.

"Hyundai akan berdiri di belakang mobil, dan kita akan keluar dengan cara kami untuk memastikan pelanggan senang," jelas Juru Bicara Hyundai Motor Amerika Serikat, Miles Johnson.

Menurut data, di Amerika Serikat recall ini akan melibatkan sebanyak 572 ribu Hyundai Sonata dan Santa Fe Sport model 2013-2014, yang dibuat di pabrik Hyundai montgomery, Alabama. lalu, 618 ribu unit Kia Optima 2011-2014, Sorento 2012-2014, dan Sportage 2011-2013.

Selain di Negeri Paman Sam, recall ini juga terjadi di Korea Selatan, sebanyak 171 ribu kendaraan. Dan untuk kasus ini, baik Hyundai maupun Kia belum menerima laporan kecelakaan akibat masalah tersebut.

Nantinya, dealer pabrikan asal Korea Selatan ini akan memeriksa kendaraan yang berpotensi mengalami kerusakan, dan mengganti bearing di mesin tersebut tanpa dikenakan biaya alias gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.