Sukses

Riwayat Honda Monkey Tamat Sudah

Liputan6.com, Tokyo - Honda Jepang memutuskan menghentikan produksi Monkey, sepeda motor kecil bermesin 50 cc, pada Agustus tahun ini. Keputusan ini cukup mengagetkan mengingat reputasi Monkey dalam industri roda dua Jepang.

Melansir responsejp.com, Senin (27/3/2017), Chiaki Kato, President of Honda Motorcycle Japan, mengatakan bahwa keputusan ini dilakukan bersamaan dengan usia Monkey yang sudah menginjak 50 tahun, persis pada 2017 ini.

Menurutnya, Monkey terpaksa dihentikan produksinya karena sulit memenuhi standar emisi Euro. "Mudahnya, dalam hal teknologi dan harga, punya kendaraan dengan exhaust yang kecil untuk melewati standar emisi tingkat 3 akan sangat sulit," ujar Kato, di booth Honda dalam ajang otomotif Tokyo Motorcycle Show 2017.

Yang menarik, Monkey terakhir yang diproduksi adalah Monkey edisi spesial yang telah dijajakan Maret lalu dalam rangka perayaan setengah abad model.

"Monkey 50th Anniversary dan Monkey 50th Anniversary Special sayangnya akan menjadi Monkey terakhir yang rencananya kami buat," ujar Kato.

Diberitakan sebelumnya, Monkey edisi terbatas ini dibuat bukan sebagai "model perpisahan", melainkan untuk merayakan usia Monkey yang sudah setengah abad. Motor yang dilengkapi beragam kosmetik tambahan ini hanya dibuat 1.800 unit saja.

Dalam laman resmi Honda Jepang, disebutkan bahwa harga eceran yang disarankan pabrikan adalah 352.080 yen atau setara Rp 42,4 juta. Angka ini sudah termasuk pajak.