Sukses

Bagaimana Cara Buat Motor Sebelum Ada Teknologi Canggih?

Bagaimana cara membuat sepeda motor sebelum adanya teknologi canggih seperti sekarang?

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini, teknologi digunakan semaksimal mungkin untuk memproduksi apapun, termasuk kendaraan bermotor. Dengan mesin canggih dan besar, satu kendaraan bisa diproduksi hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Tapi, pernahkah Anda bertanya, sebelum ada mesin-mesin itu, bagaimana kendaraan dibuat? Apakah hanya dengan tangan? Bagaimana caranya?

Sebuah video yang diunggah ke Youtube menjawab rasa penasaran itu. Video bisu berdurasi 10 menitan tersebut adalah proses pembuatan sepeda motor bermerek Rover Imperial, yang berasal dari Inggris, pada awal 1900-an.

Dalam video itu, kita dapat melihat bahwa seluruh pekerjaan hampir dilakukan secara manual, hanya beberapa bagian yang dibantu mesin, itupun tidak signifikan.

Video diawali dari pembuatan mesin dengan cara cor. Kemudian setelah itu seluruh bagian dipasang di tempatnya. Pengencangan juga dilakukan secara manual. Cara yang sederhana ini nampaknya membuat ukuran mesin berbeda satu sama lain.

Tak hanya produksi, tahap uji jalan juga diperlihatkan. Di sini prosesnya mirip dengan uji jalan di masa sekarang. Ada uji jalan di tanjakan, hingga di kubangan air. Video diakhiri dengan salah seorang penguji jatuh tersungkur.

Selama uji coba tidak pekerja ada mengenakan helm. Mereka berdua bahkan mengenakan jas seperti `orang kantoran`, lengkap dengan topi. Mungkin di zaman dulu memang belum ada standar keselamatan seperti sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.