Sukses

Jusuf Kalla : Toyota Sudah Seperti Keluarga

Keluarga besar Jusuf Kalla telah berbisnis bersama Toyota selama tiga generasi.

Liputan6.com, Jakarta Nama Toyota tidak akan lepas dari kehidupan Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia. Apalagi bila dikaitkan dengan sosok mobil sejuta umat, Toyota Kijang.

Hal ini diutarakannya dalam sambutan di perayaan ulang tahun ke-45 Toyota Indonesia. "Setiap menghadiri acara Toyota seperti ini, saya kadang-kadang bingung dan lupa apakah saya wakil presiden atau keluarga dari kita semua di sini," ujar Jusuf Kalla disambut tepukan meriah dari keluarga besar Toyota Indonesia.

Betapa tidak, keluarga besarnya telah berbisnis bersama Toyota selama tiga generasi. "Toyota Kijang sudah enam generasi, saya sudah tiga generasi yang urus Toyota. Bapak saya, saya dan anak saya," ungkapnya.

Ikatan emosional juga terlihat saat Jusuf Kalla terlibat dalam peberian nama mobil serba guna andalan Toyota. "Saat itu konvensi pertemuan Toyota, mobil apa namanya yang ingin diluncurkan. Saya termasuk enam orang yang memilih Kijang," ujarnya bangga. Bagi Jusuf Kalla, Toyota bukan hanya berdiri sendiri tapi merupakan kebersamaan. "Nama pun digotongroyongkan secara bersama-sama sehingga memiliki makna dari pada keseluruhannya."

Di usianya yang ke-45 tahun, Toyota telah memiliki 300 dealer di seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan yang mencapai 300 ribu orang. Pemasok yang terkait dalam keseluruhan usaha Toyota mencapai 850 perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini