Sukses

Toyota Yaris ke-3 Juta di Benua Biru Milik Orang Prancis

Tepat pada tahun ini Toyota Yaris menginjak usia 15 tahun di pasar Eropa.

Liputan6.com, Paris - Toyota Yaris menginjak usia 15 tahun tepat pada tahun ini. Mobil ini diperkenalkan pertama kali di Eropa pada 2001. Tahun ini begitu istimewa bagi Toyota karena produksi Yaris berhasil menembus angka 3 juta unit.

Dengan kata lain, setiap tahunnya Yaris bertambah sebanyak 200 ribu unit. Model spesial ini hadir sebagai Yaris Hybrid dan tidak tersedia di Jepang. Menurut kabar, Yaris ke-3 juta akan dikirim ke seorang konsumen di Prancis.

Dilansir Responsejp, Yaris bermesin hibrida diklaim sanggup mereduksi emisi CO2 hingga 44 persen dengan besaran hanya 75 g/km. Bandingkan dengan generasi pertama Yaris keluaran 2001, mobil ini menghasilkan emisi 134 g/km dari mesin 1,0 liter miliknya.

Hatcback ini diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing France (TMMF). Seluruh pekerja TMMF pun merayakan pengiriman mobil berkelir hitam-putih tersebut sebagai bentuk keberhasilan Yaris yang terus eksis sampai saat ini.

Manufaktur ini awalnya hanya menjadi Yaris untuk Eropa. TMMF sejak Mei 2013 juga memproduksi Yaris untuk pasar Amerika, menggantikan Jepang sebagai basis produksi.

Adapun Yaris mendominasi kuota produksi hingga 87 persen. Selain memenuhi kebutuhan domestik, TMMF mengekspor Yaris ke 42 negara di dunia yang meliputi Eropa, Amerika Serikat, Kanada, dan Puerto Rico.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini