Sukses

Hubungan Yamaha Motor dan Yamaha Music

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tahu, apa hubungan antara Yamaha Motor dan Yamaha Music? Sebetulnya, apa hubungan keduanya? Mengapa bisa sama-sama menggunakan nama tersebut? Mana yang lebih dulu?

Keduanya sebetulnya sama-sama diciptakan oleh Yamaha Corporation, perusahaan ternama Jepang yang didirikan oleh Torakusu Yamaha pada 1897. Produk pertama yang dibuat perusahaan ini adalah alat musik harmonika. Produksi sepeda motor dilakukan berpuluh tahun setelahnya, pasca Perang Dunia II, yaitu pada 1955.

Yamaha Corporation sendiri sebetulnya menciptakan banyak komoditas. Bahkan perusahaan ini adalah salah satu perusahaan yang paling terdiversifikasi di Jepang. Lantas, mengapa pada akhirnya otomotif jadi salah satu bisnis yang dijalankan?

Menurut Genichi Kawakami, anak pertama Kaichi Kawakami yang perupakan presiden generasi ketiga Yamaha, keputusan untuk masuk ke industri otomotif adalah karena saat itu Yamaha telah memiliki banyak kapital, dan memang berniat melebarkan sayap.

"Sementara perusahaan ini punya kinerja baik dan memiliki kebebasan keuangan, saya merasa perlu untuk mencari pasar bisnis berikutnya. Jadi, sayapun melakukan riset," ujar Genichi, dikutip dari laman yamaha-motor.com.

Dalam riset itu, ia mengeksplorasi banyak produk, dari mulai mesin sewing, onderdil kendaraan, dan sepeda motor. Dijelaskan, pasar dan faktor kompetitif yang akhirnya membuat perusahaan ini fokus ke industri otomotif, ketimbang yang lain.

"Saya perintahkan pada kepala riset dan manager lain untuk mengunjungi pabrik sepeda motor di seluruh Jepang. Mereka kembali dan mengatakan bahwa masih ada kesempatan, bahkan jika kita masuk pasarnya terlambat," tambahnya.

Meski telah diyakinkan oleh bawahannya, ia masih ragu. Ia merasa belum siap dalam bisnis yang disebutnya `asing` tersebut. "Sehingga kami melakukan tur ke pabrik-pabrik Jerman sebelum memutuskan membangun motor 125 cc pertama kami," terang Genichi.

Maka, jadilah motor pertama Yamaha itu: YA-1. Motor yang juga dikenal dengan nama Atakombo ini dilengkapi dengan mesin silinder tunggal, 2-tak, dan disebut-sebut menyalin-tempel motor asal Jerman bernama DKW 125cc.

Loading