Sukses

Inilah Motor Listrik Jagoan Viar

Pabrikan otomotif lokal asal Semarang, Viar Motor Indonesia, akhirnya memamerkan dua unit motor listrik baru bernama Pulse dan Q1.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan otomotif lokal asal Semarang, Viar Motor Indonesia, akhirnya memamerkan dua unit motor listrik baru bernama Pulse dan Q1 di arena Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta, Sabtu lalu (18/6/2016).

Marketing Communication Viar, Frengky Osmond, mengatakan bahwa kedua unit ini menggunakan mesin Bosch dengan tenaga maksimal 1.200 watts untuk Pulse dan 800 watt untuk Q1. Kecepatan maksimal yang bisa dikeluarkan keduanya adalah 60 km/jam.

"Perbedaan terletak pada penggunaan jenis baterai yang tertanam di kedua unit ini, Viar Pulse menggunakan battery VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan baterai lithium yang lebih ringan," tutur Frengky.

Baik Pulse dan Q1 bisa menempuh jarak hingga 70-80 km dalam satu kali isi ulang. Sementara agar baterai terisi penuh, butuh waktu sekira 5-7 jam.

Sebagaimana kendaraan listrik, kedua motor ini tidak perlu servis rutin sebagaimana kendaraan berbahan bakar fosil pada umumnya. Yang perlu diganti secara berkala hanya kampas rem, ban, dan aki.

Dari sektor keamanan dan keselamatan, Pulse dan Q1 dilengkapi piranti rem cakram depan dan belakang, alarm, keyless start engine, dan lampu LED. Frengky juga mengklaim kendaraan ini tahan air yang sudah dilakukan dengan serangkaian uji coba.

Motor ini baru bisa diboyong konsumen Desember nanti. Sejauh ini proses registrasi kendaraan masih ada di tangan Samsat. "Kalau yang beli sekarang tetap dapat unitnya, tapi belum bisa dibuat surat karena izin Samsatnya belum ada," ujar Frengky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini