Sukses

Cara Tepat Bersihkan Rantai Motor

Kotoran yang menempel ama kelamaan bisa merusak rantai.

Liputan6.com, Jakarta - Rantai motor berfungsi penting sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Kondisinya yang terbuka seringkali menyebabkan rantai motor penuh kotoran.

Kotoran yang menempel tidak bisa dianggap sepele, karena lama kelamaan bisa merusak rantai. Kinerja rantai yang kurang maksimal berpengaruh terhadap performa motor secara keseluruhan.

Untuk itu, rantai sepeda motor wajib bersih dan senantiasa terlumasi. Tidak sulit untuk melakukan perawatan rantai motor karena bisa Anda kerjakan sendiri di rumah.

Foto: Motorcycle

Dilansir Motorcycle, langkah pertama membersihkan rantai yaitu dengan menyemprotkan penetran ke seluruh bagian rantai. Cairan ini berfungsi melunturkan sisa pelumas berikut kotoran yang menempel. Bila sulit mencari penetran, Anda bisa memanfaatkan minyak tanah atau solar untuk melunturkan kotoran.

Foto: Motorcycle

Setelah itu, bersihkan rantai dengan cara disikat. Anda dapat memanfaatkan sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk merontokkan kotoran yang menempel.

Foto: Motorcycle

Usai dibersihkan dari kotoran yang menempel, langkah berikutnya yang dilakukan yaitu melumasi dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Sebelum dilumasi, keringkan dulu rantai dengan cara dikendarai dalam jarak dekat. Bila rantai telah kering, semprotkan dengan pelumas rantai secara merata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini