Sukses

Yamaha V-Ixion Gagal Start, Kenapa Ya?

Mengapa Yamaha V-Ixion dalam beberapa kasus sulit dinyalakan, baik menggunakan electric ataupun starter kick?

Liputan6.com, Depok - Beberapa konsumen Yamaha V-Ixion mengeluhkan kendaraannya sulit hidup, baik saat distarter elektrik ataupun kick starter. Keluhan ini dilontarkan mereka baik di media sosial, atau di forum-forum dunia maya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut Hendra, Kepala Mekanik bengkel Suba Motor yang ada di Depok, Jawa Barat, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah kotornya injektor.

"Pengalaman saya, salah satu sebabnya ada di injektor. Lubang saluran bensinnya kan kecil sekali. Kalau motor sulit hidup, sepertinya masukan bensinnya itu kurang sempurna. Biasanya karena injektor tersumbat," ujar Hendra kepada Liputan6.com, Selasa (24/5/2016).

Dalam buku manual Yamaha V-Ixion, selain karena injektor, ada pula beberapa potensi penyebab kegagalan start. Beberapa di antaranya adalah busi kendor, bocornya klep dan dudukan klep, hingga adanya kualitas bahan bakar yang buruk.

"Bahan bakar yang kualitasnya jelek juga ngaruh. Kotoran yang tersisa dari bensin akhirnya menumpuk dan menghalangi saluran pembakaran. Bisa juga karena tangki kemasukan air dari slot kunci," tambah Hendra.

Lantas, bagaimana jika starter elektrik yang tidak berfungsi? Hendra mengatakan, kemungkinan masalahnya terletak pada switch starter yang sudah berkarat. "Karat membuat switch tidak nempel," ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, yang disebabkan karena kotoran, Hendra biasanya melakukan pembersihan menggunakan carburator cleaner. Cairan ini mampu membersihkan kotoran yang tidak bisa dibersihkan oleh bensin seperti kerak dan karat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.