Sukses

Ford Focus RS Jadi Mobil Terbaik

Majalah Top Gear, menganugerahi mobil Ford Focus RS sebagai mobil terbaik tahun ini (Car of the Year).

Liputan6.com, London - Majalah otomotif terbesar di dunia yang terbit tiap bulan, Top Gear, menganugerahi mobil Ford Focus RS sebagai mobil terbaik tahun ini (Car of the Year). Mobil ini pertama kali diluncurkan di Valencia, Januari lalu.

Mengutip Yahoo News, Senin (21/3/2016), mobil yang dijuluki `hyper hatch` ini telah banyak dipuji oleh insan pers karena menariknya kendaraan serta harga yang wajar. Menurut laman Car and Driver, mobil ini dibanderol mulai dari US$ $35.900 atau sekira Rp 472,26 juta (Kurs: Rp 13.155/US$).

Pemimpin redaksi Majalah Top Gear, Charlie Turner, mengatakan bahwa Focus RS merupakan paket yang sangat lengkap. Ia juga mengatakan bahwa penentuan Focus RS sebagai pemenang cukup mudah, berbeda dengan kategori lainnya.

"Ini (Focus RS) memberikan kinerja yang bisa diakses dan hiburan, dengan penampilan dan kepraktisan, serta membuktikan Anda bahwa tidak butuh uang banyak untuk merasakan pengalaman menyenangkan," ujar Turner.

"Saat datang untuk memutuskan siapa pemenangnya dengan sistem voting, Focus RS menang dengan suara bulat. Sangat layak menjadi Top Gear Car of the Year," tambahnya.

Sebelumnya, beberapa mobil yang pernah mendapat penghargaan serupa adalah Bugatti Veyron dan Fiat Multipla. Tentu, parameter penilaian juri berbeda antara satu mobil dan mobil lainnya. Bugatti Veyron misalnya, tentu harganya sangat mahal jika semata dinilai dari kacamata ekonomis.

Ford Focus RS menggendong mesin 4 silinder 2,3 liter yang hasilkan tenaga 350 Tk dan torsi 474 Nm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini