Sukses

Hasil Polling: Mobil Listrik Jadi Mobnas Idaman

Mobil bertenaga listrik menjadi pengembangan mobil nasional (mobnas) yang diidamkan.

Liputan6.com, Jakarta - Lewat sebuah polling, "Apabila Indonesia ingin mengembangkan mobil nasional, lebih baik yang bertenaga listrik atau bahan bakar minyak?", yang Liputan6.com buat pekan lalu, mobil bertenaga listrik menjadi pengembangan mobil nasional (mobnas) yang diidamkan.

Dari 930an pemilih, 85 persen di antaranya memilih mobil listrik. Sedangkan 15 persen sisanya mobil dengan mesin konvensional. Meski tidak bisa dijadikan tolok ukur, setidaknya hasil ini merefleksikan keinginan masyarakat yang ingin Indonesia memiliki mobil nasional.

Sebagaimana diketahui, memiliki mobil karya sendiri bisa dibilang masih menjadi mimpi Indonesia. Berbagai upaya sudah dilakukan, nyatanya penjualan roda empat dalam negeri masih dikuasai asing.

Indonesia dinilai sudah ketinggalan jauh bila menggarap mobil bermesin konvensional, artinya memanfaatkan bahan bakar minyak. Seiring cadangan minyak yang terus menipis, ada harapan baru, mengembangkan mobil listrik.

Jika boleh berbangga, Indonesia dianggap setara dengan negara-negara lain dalam urusan mobil bermotor listrik. Bahkan lima perguruan tinggi mengklaim sanggup membuat 90 persen komponen utama mobil listrik. Meskipun masih ada satu komponen penting yang belum siap, yakni baterai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.