Sukses

Deretan Superbike yang Sebaiknya Tidak Dimiliki Pemotor Pemula

Minimnya pengalaman pakai motor besar, jangan coba-coba pakai superbike berikut.

Liputan6.com, California - Berbicara masalah keselamatan berkendara sepeda motor, faktor yang menjadi sorotan utama tak lain adalah pada pengendara, bukan pada kendaraannya. Sepeda motor bermesin besar akan jadi monster yang sangat berbahaya di tangan pengendara pemula yang ugal-ugalan tetapi bisa jadi cukup aman di tangan pengendara berpengalaman.

Belajar mengendarai sepeda motor bukan hanya semata-mata menjaga keseimbangan dan handling saja, tetapi masih banyak faktor lain seperti masalah pengalaman. Memiliki uang banyak tidaklah cukup tanpa adanya pengalaman dan kemampuan berkendara roda dua yang mumpuni. Pengalaman berkendara motor besar yang minim berpotensi dapat melakukan kesalahan saat berkendara.

Kesalahan akan berdampak sangat buruk dan berpotensi jadi kecelakaan mematikan. Oleh karena itu, superbike dibangun untuk para pengendara ahli.

Apa saja deretan superbike bekas yang sebaiknya tidak dibeli pemotor pemula? Berikut ini daftarnya yang dilansir Cheatsheet:

Honda CBR954RR

Superbike ini merupakan generasi pendahulu dari CBR1000RR. CBR954RR memiliki performa yang menakjubkan apabila dikendarai oleh orang yang ahli dan berpengalaman. Tenaganya sampai 124 Tk.

Motor ini masih menjadi buruan kolektor atau penghobi di pasar motor bekas. Namun demikian, pemotor pemula dianjurkan untuk tidak mengendarainya karena performa liar pada CBR954RR sulit dijinakkan.

Dengan ukuran wheelbase pendek serta tenaga yang cukup besar pada putaran bawah membuat roda depan CBR954RR dapat terangkat dengan mudah. Bahaya akan semakin besar karena superbike berlogo sayap mengepak ini belum didukung antilock braking system (ABS) sehingga berpotensi membuat roda depan terkunci ketika mengerem dalam kondisi panik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kawasaki ZX-10R

Kawasaki ZX-10R

Apabila Anda memiliki skill mumpuni, Kawasaki ZX-10R akan membawa semangat yang membara saat dikendarai. ZX-10R memiliki kombinasi antara muntahan tenaga besar dengan bobot ringan sesuai dengan regulasi balap dunia. Bayangkan, tenaganya mencapai 175 Tk.

Namun demikian, bagi Anda yang masih tergolong pemula dan ingin memiliki motor sport fairing ini sebaiknya urungkan niat tersebut. Performa ZX-10R yang sangat cepat akan sulit dikendalikan karena memiliki diameter rem cakram yang terbilang kecil sehingga butuh proses yang lebih sulit dalam deselerasi.

Insurance Institute of Highway Safety di Amerika Serikat juga telah memasukkan Kawasaki ZX-10R ke dalam daftar sepeda motor dengan tingkat kerugian terburuk saat tabrakan. Penilaian dari IIHS juga menyebut jika ZX-10R memiliki risiko sembilan kali lebih tinggi dari rata-rata.

3 dari 4 halaman

Ducati Streetfighter 1098

Ducati Streetfighter 1098

Ducati sebenarnya telah menciptakan beragam fitur yang akan memudahkan para pengendara sehingga cukup aman. Meskipun demikian, sepeda motor ini tidak ditujukan bagi pengendara pemula karena akan sangat berbahaya jika membuat kesalahan.

Penyebab bahayanya naked bike ini cukup beragam, salah satunya yaitu tidak adanya visor depan. Ini berpotensi membuat pengendara pemula cepat lelah karena menahan hembusan angin. Selain itu, tenaga sebesar 155 Tk menjadikan Streetfighter 1098 sebagai sepeda motor yang liar di atas aspal.

Alternatifnya, Anda bisa membeli Monster 696 dengan kapasitas mesin yang lebih rendah. Naked bike ini memiliki style yang tidak kalah sangar dengan Streetfighter 1098 namun tentunya lebih aman bagi para pemula.

4 dari 4 halaman

Suzuki Hayabusa GSX1300R

Suzuki Hayabusa GSX1300R

Deretan terakhir superbike yang sebaiknya tidak dimiliki pemotor pemula adalah Suzuki Hayabusa GSXR1300R. Bagaimana tidak, performa superbike garapan Suzuki ini mampu digeber hingga 360 km/jam dan tidak dibekali limiter kecepatan. Tak heran, karena Hayabusa punya tenaga hingga 162 Tk.

Lebih lanjut, Hayabusa juga menjadi sepeda motor yang sangat buas untuk balap drag. Kemampuan akselerasi pada motor ini sangat baik karena muntahan tenaga besar juga tersedia sejak putaran bawah,

Menyoal bobot, Hayabusa tergolong sebagai sepeda motor yang cukup berat serta memiliki handling yang cukup sulit. Ini menjadi awal mula masalah serius yang akan dihadapi pemotor pemula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.