Sukses

Kaleidoskop Otomotif Juli: Harga Honda Sonic dan Tampang Avanza

Bulan Juli lalu, harga Honda Sonic dan tampang Toyota Avanza baru cukup mencuri perhatian publik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor `ayam jago` Sonic 150R Agustus lalu. Meski demikian, teaser-nya sudah dirilis sejak Juli. Berita tentang Honda Sonic inilah yang menyita perhatian pembaca setia kanal Otomotif Liputan6.com bulan itu.

Kami kemudian menakar harga motor tersebut berdasarkan data Dinas Pelayanan Pajak Pemprov DKI Jakarta, yaitu sekira 30 hingga 40 persen lebih tinggi dari nilai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) atau sekira sekira Rp 19,4-20,8 jutaan.

Perkiraan kami itu sedikit meleset. AHM melepas Honda Sonic 150R dengan harga Rp 20,9 juta on the road Jakarta. Harga ini kemudian naik Rp 300 ribu pada November lalu menjadi Rp 21,2 juta.

Selain Sonic, di bulan yang sama juga kami mendapat bocoran foto Toyota Avanza dan Veloz anyar dari dealer. Terdapat perubahan dari sisi eksterior dan interior.

Pada panel instrumen misalnya, keduanya telah dilengkapi spidometer yang lebih besar sehingga lebih mudah dibaca. Selain itu, spidometer pada mobil keluarga ini juga telah didukung eco driving indicator.

Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini mengusung mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i. Setidaknya terdapat empat komponen baru dari mesin Avanza dan Veloz ini. Keempatnya adalah busi, injektor, knock sensor, dan immobilizer.

Selain dua berita seputar produk anyar tersebut, di bulan Juli artikel yang berisi tips dan trik menambal ban tubeless sendiri juga cukup diminati.

Pemilik kendaran bermotor dapat menambal ban sendiri dengan menggunakan tire repair kit yang terdiri dari alat congkel atau pelubang, pengait, lem tambal, amplas, serta tambalnya itu sendiri.

Satu set tire repair kit dijual dengan harga beragam, tergantung merek, jumlah alat, dan kualitasnya. Cara menggunakan alat ini biasanya tertera di bagian bungkus. Tapi biasanya relatif mudah dan hanya butuh waktu beberapa menit saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.