Sukses

Sering Ada Bencana Alam, IOF Gelar Pelatihan Penanganan Korban

Tak sedikit dari anggota IOF juga punya jiwa sosial tinggi dan kerap turun langsung ke lokasi bencana.

Liputan6.com, Ciawi Offroader yang tergabung dalam Indonesia Offroad Federation (OIF) nyatanya tak cuma punya keahlian menaklukkan medan menantang. Tak sedikit dari mereka juga punya jiwa sosial tinggi dan kerap turun langsung ke lokasi bencana.

Atas dasar itu, OIF tergerak untuk memberikan pelatihan penanganan korban bencana alam ke seluruh anggota yang ada di Indonesia.

"Untuk keahlian berkendara, mereka (offroader OIF) sudah tak perlu ditanya. Yang diperluin itu gimana kasih pelatihan penyelamatan untuk diri sendiri dan orang lain," kata Sigit Permadi, Ketua Pelaksana Disaster Volunteer Training IOF 2015 kepada Liputan6.com di Ciawi, Bogor, Kamis (5/11/2015).

Dalam pelatihan yang berlangsung pada 5-8 November itu, para peserta akan dibekali sejumlah pelatihan yang berkatian dengan isu penanganan korban bencana.

"Materinya itu seputar first aid dan jungle survival. Para instruktur yang akan memberikan materi telah memiliki sertifikasi internasional," tuturnya.

Disaster Volunteer Training IOF 2015 dilaksanakan di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Pesertanya merupakan perwakilan dari setiap daerah di Indonesia.

"Kami dari Makassar, ada dua orang. Program ini sangat penting. Setelah acara ini, kami mau gelar pelatihan yang sama di Makassar," tutur Amin, seorang anggota OIF Makassar.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini