Sukses

Steve Jobs Ternyata Juga Ingin Buat Mobil Apple

Pendiri raksasa teknologi Apple, Steve Jobs, diketahui pernah melontarkan wacana agar perusahaannya membuat mobil sendiri.

Liputan6.com, California - Pendiri raksasa teknologi Apple, Steve Jobs, diketahui pernah melontarkan wacana agar perusahaannya membuat mobil sendiri. Ini diusulkannya pada 2008, satu tahun setelah mereka memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya.

Hal ini diketahui dalam sebuah wawancara terbaru dengan Tony Fadell, desainer iPod yang bertahun-tahun bekerja sama dengan Jobs.

Meski begitu, terang Fadell, Jobs tidak jadi melanjutkan niatnya karena kondisi industri otomotif saat itu terpuruk. Satu tahun setelahnya, AS dan dunia benar-benar mengalami krisis besar.

"Jobs memutuskan untuk tidak melangkah lebih maju saat itu (2008)," ujar Fadell pada Bloomberg TV. "Diskusi berkesimpulan bahwa industri otomotif AS diambang kehancuran," tambahnya.

Fadell kemudian menceritakan bagaimana ia dan Jobs sering membuat pertanyaan hipotesis, seperti misalnya, akan seperti apakah bentuk mobil itu, atau bagaimana cara memenuhi kebutuhan bahan bakarnya.

Fadell sendiri berujar bahwa ponsel pintar pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan mobil. "Mobil butuh baterai, punya komputer, punya motor, dan struktur mekanik. Jika Anda melihat iPhone, sama saja bukan?" ujarnya.

Posisi Jobs akhirnya digantikan oleh Tim Cook. Dalam kepemimpinannya, mobil Apple kembali diinisiasi karena industri otomotif mulai membaik. Mereka bahkan berencana untuk mulai menjual mobil pada 2019.

(rio/sts)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.