Sukses

Busi Iridium Bikin Tarikan Makin Ngacir

Ada beberapa jenis busi untuk kendaraan, dari mulai standar, platinum, hingga iridium.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Ada beberapa jenis busi untuk kendaraan, dari mulai standar, platinum, hingga iridium. Dalam hal ini, jenis tertinggi dari busi adalah busi iridium yang memiliki kelebihan lebih banyak.

"Salah satu keunggulan busi iridium adalah lebih tahan lama," ujar Eko Wahyu Prasetiya, sales after market & OES PT NGK Busi Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, Rabu (26/8/2015).

Eko mengatakan, busi iridium dapat bertahan hingga 50 ribu - 100 ribu km. Sementara untuk busi standar hanya 10 ribu hingga 20 ribu. Selain itu, busi iridium diklaim dapat membuat tarikan kendaraan lebih cepat, responsif, dan hemat bahan bakar meskipun tidak terlalu signifikan.

"Misalnya yang standar 1 liter mencapai 13, sedangkan kalau iridium bisa 1:14 atau 15,"

Eko kemudian menjelaskan bagaimana cara kerja busi iridium. Iridium yang dilapisi pada jarum busi membuat pengapian menjadi lebih fokus."Yang penting itu pengapian fokus, bukan besar," tambah Eko.

Pengapian yang fokuslah yang menghasilkan keunggulan-keunggulan busi iridium sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak heran jika harga busi iridium jauh lebih mahal dibanding yang lain.

Di GIIAS 2015, PT NGK menjual iridium dengan banderol seharga Rp 95 ribu. Sementara untuk platinum dan standar hanya Rp 28 ribu dan Rp 15 ribu.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini