Sukses

Mesin Sama, Belum Tentu Karakteristik Sama

Liputan6.com, Jakarta Honda CB150R Streetfire dan Honda Sonic 150R telah mengaspal beberapa pekan lalu. Kedua sepeda motor ini hadir dengan kapasitas mesin yang sama. Namun ternyata karakteristiknya dibuat berbeda sesuai dengan segmen yang dituju.

PT Astra Honda Motor mengundang awak media untuk pengenalan lebih mendalam karakteristik dan teknologi baru yang diusung duo sepeda motor sport bermesin 150 cc. Dijelaskan dalam pelatihan ini, terdapat beberapa model sepeda motor Honda yang punya mesin sama tetapi berbeda karakternya. "Setiap produk itu dibuat dengan karakteristik masing-masing. Karena disetting secara elektonik, tiap model punya karakteristik yang berbeda," jelas Handy Hariko, Senior Manager Astra Honda Training Center, Selasa (18/7/2015).

Lebih lanjut, Handi memaparkan jika karakter sepeda motor saat ini berbeda dengan sepeda motor jaman dahulu ketika masih menggunakan karburator. Saat menggunakan karburator, sepeda motor dengan mesin yang sama akan memiliki karakter yang hampir sama.

Full injection otaknya ECU yang bisa diatur setingannya. "ECU diseting untuk satu model motor, maka karakternya berbeda di tiap model meskipun mesinnya sama," bebernya.

Handy juga menjelaskan jika toleransi antara komponen yang satu dengan yang lain di motor baru semakin rapat. "Walau perbedaannya sangat kecil, tapi pengaruhnya begitu signifikan berbeda pada tiap produk, tutupnya.

(ysp/sts)

Ikan di Laut Terjebak dalam Kantong Plastik

Tutup Video
Loading